October 14, 2024
Daerah Pariwisata

PT Timuraya Jaya Lestari Bali Lepas 25 Orang ke Kapal Pesiar, Pemerintah Diminta Cari Solusi Berantas Agency Bodong

Badung-kabarbalihits

Agen tenaga kerja yang berlokasi di Kebo Iwa Utara, Denpasar yakni PT Timuraya Jaya Lestari Bali melepas 25 orang ke luar negeri yang ditempatkan pada Kapal Pesiar dan Perhotelan di Doha, Qatar dengan SIP dari Pemerintah pada Selasa, (6/9/2022).

Branch Director PT Timuraya Jaya Lestari Ida Bagus Mahendra Putra menyampaikan, keseluruhan pekerja migran yang diberangkatkan telah terdaftar pada Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN). Pihaknya tidak pernah berhenti untuk membangun SDM dengan mengaryakan mereka keluar negeri.

“Dimana ini sesungguhnya penempatan yang seharusnya Negara hadir dimana pun mereka, karena sudah terdaftar SISKOTKLN,” kata Ida Bagus Mahendra Putra, di Bandara I Gusti Ngurah Rai (6/9/2022).

Kedepannya diharapkan Pemerintah bisa lebih mengefisiensikan birokrasi khususnya bagi (Pekerja Migran Indonesia) PMI formal. Sehingga dapat mempermudah PMI Pariwisata lebih banyak bekerja di sektor Hotel dan restoran di luar negeri.

Baca Juga :  Agen PT Ratu Oceania Raya Rekrut Kru Kapal Pesiar Marella Sebanyak -banyaknya

Ida Bagus Mahendra Putra yang juga Wakil Ketua Asosiasi Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia Bali (AP3MIB) merasa prihatin dengan maraknya pemberangkatan non prosudural yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Karena dipandang sangat merugikan para Agency penempatan pekerja migran Indonesia, dan menambah citra buruk di masyarakat.

“Bahwa berangkat kerja ke luar negeri, baik Kapal pesiar dan Perhotelan sangat mahal. Sehingga kalau ini tidak difokuskan oleh pihak terkait, khususnya Pemerintah bukan tidak mungkin kita akan gagal mencetak SDM Pariwisata yang unggul kedepanya,” harapnya.

Pihaknya juga berharap kepada Pemerintah untuk mencari solusi dan mengantisipasi maraknya penempatan pekerja migran non prosudural. (kbh1)

Related Posts