October 14, 2024
Daerah

Rayakan Hut Ke-1, Walikota Denpasar Beri Apresiasi Perpustakaan Desa Tegal Harum

Denpasar – kabarbalihts 

Serangkaian kegiatan peluncuran Anjungan Dukcapil Mandiri, Desa Tegal Harum sekaligus merayakan ulang tahun pertama Perpustakaan Sastra Mahottama, Jumat (2/9/2022). Keberadaan perpustakaan desa tersebut mendapat apresiasi positif dari Walikota Denpasar, I.G.N. Jaya Negara, S.E. 

Perpustakaan Sastra Mahottama adalah perpustakaan Desa Tegal Harum yang didirikan sejak setahun lalu, bertujuan meningkatkan literasi masyarakatnya. Perpustakaan ini tidak hanya menyediakan buku yang bisa dibaca langsung, namun juga menyediakan layanan perpustakaan digital, sehingga anggotanya dapat membaca buku secara online. Meski berusia muda, perpustakaan Sastra Mahottama telah berhasil menjadi juara pertama lomba perpustakaan Desa/ Kelurahan se – Kota Denpasar tahun 2022. 

Walikota Denpasar, I G.N. Jaya Negara menyambut baik keberadaan Perpustakaan Sastra Mahottama sebagai salah satu inovasi yang dimiliki Desa Tegal Harum. Dirinya sangat mengapresiasi berbagai inovasi yang dilakukan oleh pemerintah Desa Tegal Harum, termasuk perpustakaan desanya. 

“Saya sangat apresiasi sekali dengan Desa Tegal Harum. Banyak inovasi yang dilakukan, salah satunya perpustakaan yang sudah melakukan digitalisasi. Upaya-upaya ini sangat baik, apalagi perpustakaan ini bisa secara digital dimanfaatkan oleh anak-anak sekolah, akan membantu juga kualitas SDM-nya. Makanya saya berterimakasih atas inovasi yang dilakukan oleh pemerintah Desa Tegal Harum,” ungkap Jaya Negara. 

Perbekel Tegal Harum, I Komang Adi Widiantara mengatakan peringatan ulang tahun pertama Perpustakaan Sastra Mahottama bertema “Kembangkan Potensi Kearifan Lokal untuk Mewujudkan Desa Tegal Harum Unggul dan Berdaya Saing. 

Serangkaian ulang tahunnya, perpustakaan Sastra Mahottama mengadakan sejumlah kegiatan diantaranya lomba daur ulang botol bekas, nyurat aksara Bali, lomba mewarnai, serta kegiatan inkulsi sosial berupa demo memasak. Menurut Komang Adi, paradigma perpustakaan hanya sebagai tempat penyimpanan dan peminjaman buku, harus diubah menjadi perpustakaan berbasis inklusi sosial. 

“Sekarang perpustakaan diharapkan melakukan pendekatan-pendekatan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Berbagai kegiatan berbasis inkulsi sosial telah secara aktif dilakukan oleh pengelola Perpustakaan Sastra Mahottama selama setahun ini, dengan tujuan meningkatkan minat baca dan kesehateraan masyarakat,” jelas Komang Adi. 

Baca Juga :  Purna Tugas, Made Sutama Tegaskan Siap Tarung Di Pilkada Badung

Sementara itu, berbagai inovasi yang dilakukan oleh Desa Tegal Harum juga mendapat apresiasi dari Kepala BPS Kota Denpasar, Eman Sulaeman. Menurutnya Pemerintah Desa Tegal Harum sangat semangat sekali dengan berbagai inovasinya, termasuk dalam literasi statistik. 

“Teman-teman di Desa Tegal Harum begitu semangat sekali, termasuk dalam bidang literasi statistik dan bergabung dalam komunitas Desa Statistik yang sedang dilakukan oleh BPS. Tentunya ini akan terus berkelanjutan, tidak hanya di tahun 2022 ini, sehingga kami terus berupaya meningkatkan kemampuan dan kapasitas teman-teman di Desa Tegal Harum, dan kami berharap Desa Tegal Harum menjadi yang terbaik nantinya,” ungkap Eman Sulaeman. (kbh7)

Related Posts