October 14, 2024
Sosial

Satya Wacana, Gus Adhi Bantu Dana Pribadi Rp 10 Juta Untuk Renovasi Pura Dadia Pasek Gelgel Aan Banjar Adat Komala

Karangasem -Kabarbalihits

Seken – seken, saja-saja, beneh -beneh…dalam memfasilitasi berbagai aspirasi masyarakat terus diwujudkan Anggota DPR RI  Dapil Bali Fraksi Golkar, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra. Jumat 26 Agustus 2022 sore, tokoh asal Jero Kawan Kerobokan Badung yang akrab disapa Gus Adhi ini menyerahkan bantuan dana pribadi Rp 10 juta rupiah kepada Krama Dadia Pasek Gelgel Aan Banjar Adat Komala Desa Bhuana Giri Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem.

Bantuan dana itu dimaksudkan untuk membantu Pembangunan Pura Penataran krama dadia tersebut .Tak hanya itu, memaksimalkan potensi lahan yang ada, politisi santun yang memasuki periode ke dua di DPR RI ini juga menyerahkan ratusan bibit kelapa genjah untuk ditanam pada lahan Pelaba pura krama dadia tersebut.

Gus Adhi mengatakan penyerahan bantuan dana  probadi kepada Krama Dadia Pasek Gelgel Aan Banjar Adat Komala ini juga untuk memenuhi janjinya, pada kunjungan untuk menyerap aspirasi yang dilakukannya beberapa waktu lalu.

“Hari ini kami menepati janji, untuk memberikan bantuan dana pribadi untuk semeton dadia disini,”ucapnya.

Gus Adhi yang juga Ketua Depidar SOKSI Bali ini  berkesempatan meninjau langsung pembangunan Pura Penataran Krama Dadia Pasek Gelgel Aan Banjar Adat Komala, didampingi Penglingsir Dadia, I Made Oka Parwata serta Sekretaris Pembangunan Pura, I Ketut Putra Sentana, serta beberapa orang perwakilan krama. Lantas, Gus Adhi juga memberikan apresiasi dan menyatakan bangga atas kebersamaan yang sudah ditunjukkan krama Dadia Pasek Gelgel Aan Banjar Adat Komala khususnya dalam melaksanakan pembangunan.

“Ini mecerminkan manusia Pancasilais. Beliau sudah mengimplementasikan sila pertama Pancasila dengan melakukan pembenahan atau pembangunan di pura. Kemudian, dengan lenuh kasih sayang beliau semua juga telah melaksanakan upakara yadnya secara masal.

Dan yang ketiga bagaimana menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat disini serta bermusyawarah melaksanakan pembangunan pura yang begitu banyak. Dimasa Pandemi ini dengan semangat persatuan, kebersamaan melalui musyawarah telah lahir semangat yang sama yakni gotong royong,”bebernya.

Sebagai salah satu bentuk apresiasi wakil rakyat yang dikenal dengan spirit Perjuangan Amanah Merakyat Peduli dan Kita Tidak Sedarah Namun Tetap Satu Arah ini pihaknya memberikan bantuan ratusan bibit kelapa genjah untuk melengkapi sarana adat dan budaya bagi krama dadia ini.

“Sehingga nantinya krama tidak lagi membeli kelapa untuk upakara yadnya yakni Daksina, yang kebutuhannya ribuan setiap bulannya dan jutaan setiap tahunnya. Kebutuhan kelapa Daksina ini harus kita isi. Kita berdayakan masyarakat dan lingkungan yang ada, sehingga kebutuhan adat ini kita bisa isi dengan sendirinya,”harapnya.

Secara khusus Gus Adhi juga menyebut bantuan dana pribadi Rp 10 juta untuk pembangunan pura penataran  Dadia Pasek Gelgel Aan Banjar Komala merupakan wujud nyata pihaknya turut serta bergotong royong memberikan sumbangsih kepada krama dadia, sehingga bisa mempercepat penyelesaian pembangunan pura dadia ini.

“Saya memberikan dana pribadi, untuk ikut bergotong royong melaksanakan pembangunan pelinggih disini. Semoga rahayu sareng sami, dumogi Ida Betara mapaica pemargi sane becik,” tukasnya.

Sementara Penglingsir Dadia Pasek Gelgel Aan Banjar Adat Komala, I Made Oka Parwata atas nama krama menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan Anggota DPR RI Dapil Bali Fraksi Golkar Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra.

Baca Juga :  Abhinaya Bhakti Diwangkara, Wujud Pengabdian Mahasiswa Fakultas Pertanian Unud

“Titiang pinaka pengayah ring krama, melarapan antuk suwecan Ida Gung Aji, titiang ten lali ngaturang dahat suksma antik paicane. Dumogi  Gung Aji ngemolihang kerahayuan sajeroning titiang mapangapti naler, sapunapi mensuksekan pewangunan ring pura iriki,”ucapnya.

Untuk diketahui sebelumnya bantuan Wireles (pengeras suara)  juga telah diberikan Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra kepada Kama Dadia Pasek Gelgel Aan Banjar Adat Komala yang merupakan bantuan aspirasi. (Kbh6).

Related Posts