October 14, 2024
Daerah

Rapat Paripurna Jawaban Pemerintah, Putu Parwata Sebut Bupati Giri Prasta Mampu Jawab Keraguan Dewan

Badung-kabarbalihits

Keraguan fraksi-fraksi yang disampaikan pada Rapat Paripurna Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Badung atas perubahan KUA-PPAS Kabupaten Badung Tahun Anggaran 2022 akhirnya sudah dijawab clear oleh Bupati Badung.

Hal ini diunngkapkan Ketua DPRD Badung, I Putu Parwata usai memimpin Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian jawaban pemerintah terhadap Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Badung atas rancangan Perubahan KUA-PPAS Kabupaten Badung Tahun Anggaran 2022 di ruang sidang utamaGosana Kantor DPRD Badung, Kamis (11/8) .

‘’Yang pertama hal-hal yang sifatnya mandatori yaitu pendidikan dan kesehatan sudah jelas. Beliau (Bupati Badung, red) sudah menekankan itu akan menjadi prioritas. Bahkan itu akan naik dana kesehatannya menjadi 12,5 persen dan pendidikan menjadi 21,05 persen,’’ ungkapnya.

Politisi PDI Perjuangan asal Dalung Kuta Utara ini lebih lanjut menjelaskan, terkait beberapa fraksi yang sebelumnya menyampaikan keraguannya apakah target 4 triliun APBD 2022 akan tercapai, juga sudah diklarifikasi, akan bisa tercapai dengan beberapa indikator dan  APBD akan digunakam dengan efektif efisien serta epat sasaran.

Kemudian terkait pertanyaan-pertanyaan yang lainnya yang disampaikan fraksi, khususnya dari Fraksi PDI Perjuangan, Golkar dan Badung Gede mengenai penyertaan modal sebesar Rp 50 miliar, kata Parwata juga sudah jelas akan diarahkan kepada penyertaan modal di Bank BPD  Bali.

Sesuai penjelasan Bupati, juga ditegaskan di sektor-sektor yang lainnya terutama pada persampahan.  Persampahan ini harus clear,  4 TPS akan dibangun berbasis teknklogi dan pembangunannya tidak.memerlukan lahan yang luas.

‘’Nah ini akan coba kita lakukan, kita akan kaji kalau ada teknologi-teknologi yang lebih bagus. Ini juga akan kita sampaikan kepada Bupati untuk menyelesaikan persoalan sampah karena tahun depan, untuk pembuangan sampah di Suwung akan distop. Jadi Badung harus bisa mandiri di dalam mengolah dan mengelola sampah dengan baik sehingga dengan demikian harapan pariwisata naik di 2022, 2023 ini akan bisa tercapai,’’ ujar Parwata seraya menegaskan apa yang menjadi keraguan Dewan sudah terjawab oleh pemerintah. 

Sementara itu, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta dalam rapat paripurna menyampaikan sangat mengapresiasi atas kinerja dan analisis Dewan terhadap rancangan perubahan kebijakan umum, prioritas program / kegiatan / sub kegiatan beserta perubahan plafon anggaran yang tertuang dalam dokumen rancangan perubahan KUA dan rancangan perubahan PPAS Kabupaten Badung tahun anggaran 2022.

Baca Juga :  Pemilu dan Pilpres Berjalan Damai, Wayan Suyasa Apresiasi Penyelenggara Pemilu

Hal ini mencerminkan integritas dalam melakukan analisis sehingga dapat memberikan masukan dan saran bersifat konstruktif dalam rangka menyempurnakan dokumen penganggaran sebagai rujukan penyusunan dan penetapan perubahan APBD 2022. Bupati Giri Prasta juga menyatakan setuju dan sepakat dengan Dewan bahwa dalam situasi ini, kita mesti cermat dan hati-hati dalam menghitung kapasitas keuangan daerah untuk memenuhi kebutuhan minimal belanja yang bersifat prioritas, mandatori, wajib dan mengikat, sehingga keberlangsungan pelayanan dasar publik, penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dapat terpenuhi secara optimal.kbh6.

Related Posts