October 14, 2024
Video

Pelantikan Pengurus Bersama HIMPAUDI, IGTKI, dan K3S Kecamatan Abiansemal periode 2022-2027

Badung-kabarbalihits

Para pengurus Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), bersama Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI), serta Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kecamatan Abiansemal periode 2022-2027 dilantik secara bersamaan di UPT Disdikpora Kecamatan Abiansemal, Badung, pada Selasa (9/8/2022).

Para pengurus K3S, IGTKI, dan HIMPAUDI resmi dilantik oleh Plt UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Abiansemal, I Wayan Sulaiman, disaksikan oleh Kabid Paud dan Pendidikan Non Formal Disdikpora Kabupaten Badung, I Wayan Wirawan mewakili Bunda Paud Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta, bersama Ketua HIMPAUDI Provinsi Bali, Nyoman Sarjana, Anggota DPRD Badung Gede Suardika, serta Bunda Paud Kecamatan Abiansemal Ida Ayu Paristiawati Manuaba.

Kabid Paud dan Pendidikan Non Formal Disdikpora Kabupaten Badung, I Wayan Wirawan mengapresiasi atas pelantikan yang dilakukan secara bersama-sama oleh K3S, IGTKI, dan HIMPAUDI Kecamatan Abiansemal.

Dengan dilantiknya para pengurus ini diharapkan pendidikan di jenjang Paud semakin berkualitas. Juga, pada era transformasi pendidikan dari klasikal ke digital, para pendidik diharapkan mampu melaksanakan tugas, dengan meningkatkan kompetensi secara profesional.

“Sehingga di dalam melakukan proses pembelajaran, benar-benar mampu mewujudkan anak didik yang unggul, berkarakter, dan memiliki kemandirian,” ucapnya.

Menurutnya, tidak hanya sekedar bisa membaca, menulis dan menghitung, (Calistung) dalam mewujudkan kemandirian para lulusan Paud, nantinya para orang tua tidak diperbolehkan untuk menunggu anak-anaknya saat di bangku SD.

“Karena kemandirian, keberanian daripada anak-anak Paud ini memang harus kita dapat wujudkan. Karena ini adalah jenjang pembentukan karakter, bukan dalam rangka anak Paud harus bisa Calistung. Tetapi anak harus punya karakter, mampu merasakan rasa dan kekuatan hidup,” tegasnya.

Sementara Ketua IGTKI Abiansemal, Ida Bagus Ketut Muliya mengatakan, dalam memajukan Pendidikan usia dini di Kecamatan Abiansemal, Badung, bersama pengurus K3S, dan HIMPAUDI pihaknya akan melaksanakan program-program yang telah dirancang dengan baik.

“Kita ini satu tujuan, memajukan pendidikan usia dini di Abiansemal. Dimana kita ini selalu berkoordinasi dan gotong royong biar tidak ada tumpang tindih,” ujar IB. Ketut Muliya, didampingi Ketua Himpaudi Abiansemal Ida Ayu Lilik Kartini dan Ketua K3S Abiansemal, Ni Made Tami.

Baca Juga :  Wabup Ketut Suiasa Hadiri HUT Ke-38 Perguruan Seruling Dewata

Disinggung harapan dari Kabid Paud Wayan Wirawan tentang mewujudkan kemandirian lulusan paud, pihaknya mengaku akan merancang pola pelajaran mandiri bagi anak Paud, sehingga saat baru memasuki jenjang SD, anak-anak tidak lagi harus ditunggu saat proses belajar mengajar di kelas.

“Menurut kurikulum merdeka, kami siap sesuai saran Kabid mewakili Bunda Paud bahwa di lulusan TK di Abiansemal saat di SD siap untuk tidak ditungguin,” pungkasnya

Pada kesempatan tersebut, Bunda Paud Kecamatan Abiansemal, Ida Ayu Paristiawati Manuaba menyambut baik atas dilantiknya para pengurus Himpaudi, IGTKI, K3S Kecamatan Abiansemal periode 2022-2027.

Diharapkan sinergitas ini dapat memajukan pendidikan usia dini khususnya di Kecamatan Abiansemal.

“Bangga sekali, dapat memajukan usia dini sangatlah penting bagi anak didik kami terutama di Kecamatan Abiansemal,” ujarnya.

Sebelum Pelantikan, seluruh Pengurus Himpaudi, IGTKI, K3S periode 2022-2027 melakukan prosesi Pawintenan di Griya Dalem Manuaba, Sangeh, Badung. (kbh1)

Related Posts