October 14, 2024
Pendidikan

Dosen Universitas Warmadewa Laksanakan Pembinaan & Pendampingan Penyelesaian Kredit Serta Sistem Manajemen Perkoperasian Berbasis IT

Badung  kabarbalihits 

Provinsi Bali merupakan salah satu kompetitor terbaik untuk Koperasi di Indonesia. Hal tersebut dilihat dari banyaknya penghargaan yang sudah diberikan oleh Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia untuk koperasi-koperasi yang ada di Bali. Hal tersebutlah yang mendorong pemerintah untuk terus mengembangkan koperasi yang ada di Bali, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri maupun luar negeri. 

Kelurahan Jimbaran sebagai salah satu wilayah strategis di Kecamatan Kuta Selatan juga sangat  potensial mendirikan koperasi. Hal tersebut dikarenakan kelurahan Jimbaran dengan berbagai potensi wisata salah satunya wisata alam yakni Pantai juga menjadi lokasi potensia untuk lokasi pendirian lembaga keuangan yakni koperasi. Memaksimalkan upaya itu Universitas  Warmadewa (Unwar) memberikan pembinaan, pendampingan dan pelatihan memajukan soko guru perekonomian masyarakat tersebut. 

Ketua Tim PKM Prof. Dr. Ni Luh Made Mahendrawati, SH., M.Hum didampingi sejumlah tim dan mahasiswa disela kegiatan yang dilakukan di Koperasi Serba Usaha Jimbaraya  yang beralamat di Jalan Ulun Suwi No. 23 Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta -Selatan Badung (30/7) menjelaskan, Pengabdian ini dilaksanakan guna memberikan pembinaan, pendampingan, pelatihan, ceramah, bimbingan teknis kepada pengurus dan staf koperasi serta sosialisasi kepada anggota koperasi mengenai sistem tata kelola berbasis IT untuk memudahkan anggota dalam memanajemen koperasi, serta penyelesaian kredit bermasalah dengan memberikan format perjanjian kredit yang tepat kepada Koperasi Serba Usaha Jimbaraya, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung ini. 

“Hal ini merupakan salah satu upaya untuk memajukan koperasi yang ada di Bali, khususnya di desa Jimbaran. Desa Jimbaran merupakan tempat yang strategis untuk mengembangkan koperasi karena merupakan salah satu desa wisata. Pembinaan dan pendampingan ini menjadi salah satu bentuk pengabdian kami untuk menggali potensi yang ada di desa Jimbaran serta memberikan ilmu untuk terus mengembangkan koperasi yang ada di desa Jimbaran, khususnya Koperasi Serba Usaha Jimbaraya”, ujar Prof. Dr. Ni Luh Made Mahendrawati seraya memaparkan jika timnya sudah mengkaji beberapa hal yakni : 

A. Pelatihan kepada pengurus dan pegawai tentang sistem tata kelola manajemen koperasi berbasis      IT 
B. Memberikan ceramah/FGD tentang peraturan perkoperasian di Indonesia 
C. Memberikan pembinaan terhadap pengurus koperasi mengenai masalah kredit macet
D. Memberikan bimbingan teknis memformat model perjanjian simpan pinjam yang baru mengawasi penarikan kredit macet. 
E. Menyelesaikan kredit koperasi yang bermasalah kepada Pengurus dan Staf 

Dengan diadakannya Pengabdian Masyarakat pada Koperasi Serba Usaha Jimbaraya ini maka sudah diserahkan hasil analisis dan format perjanjian simpan pinjam koperasi, meningkatnya pemahaman pengurus dan pegawai mengenai tata kelola manajemen koperasi berbasis IT, serta dapat menyelesaikan kredit bermasalah. 

Baca Juga :  Soulfood Mengeluarkan Extended Play Bertajuk It Won’t Over

Dengan meningkatnya pemahaman ini maka diharapkan koperasi akan terus dikembangkan, terus meningkatkan potensi yang ada, sehingga koperasi dapat terus eksis sehingga dapat menyejahterakan masyarakat khususnya di desa Jimbaran. (r)

Related Posts