October 26, 2024
Daerah Lifestyle

Kontes Tanaman Menawan Platycerium di PICA Fest 2022

Denpasar-kabarbalihits

Seiring meningkatnya minat pehobi dalam mengkoleksi tanaman hias khususnya tanaman Platycerium, yakni tanaman yang biasa dilihat menempel disuatu media dan menjadi pajangan di beranda rumah, kini bisa dikonteskan.

Kontes berbagai jenis tanaman Platycerium, yang sering disebut Tanduk Rusa ini bisa disaksikan dalam satu event Clothing lokal terbesar di Bali, PICA Fest 2022, di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar.

Ketua Panitia Pop Plant Market Budi Arsana bersama Sekretaris Pop Plant Market, I Putu Gede Wijaya menyampaikan, tanaman jenis Platycerium menjadi unik untuk dilombakan karena habitatnya di kawasan tropis dan penyebarannya di Indonesia sangat baik dengan iklim yang mendukung.

“Disini juga mudah untuk memperbanyak, teman-teman di Bali karena halamannya luas penempatannya sangat mudah, bisa di pot, bisa digantung, atau ditempel di tembok atau pohon,” ucap Budi Arsana saat ditemui di stand Pop Plant Market, PICA Fest 2022, (4/8/2022).

Dari sisi harga dipastikan mengikuti tren tanaman Platycerium, dimana saat ini mulai meningkat.  Sehingga harga menjadi lebih tinggi, yakni kisaran ratusan ribu hingga puluhan juta.

“Tergantung jenis, ukuran, dan sulitnya didapatkan,” kata Budi.

Baca Juga :  Dirumahkan, Pria di Mekar Buana Sukses Jadi Seller Tanaman Platycerium Terlengkap di Bali

Sekretaris Pop Plant Market, I Putu Gede Wijaya menambahkan, Lomba ini melibatkan 35 peserta dan 3 juri lokal, dengan 5 kategori. Untuk penilaian kontes Platycerium sebelumnya disepakati dengan memenuhi beberapa kreteria, yaitu dari kesehatan tanaman, kebersihan, hingga cara perawatan.

Menurutnya jika hobi disinergikan dengan kontes khususnya platycerium, diharapkan kegiatan ini akan terus berlanjut dan pecinta tanaman menambah perhatiannya pada platycerium.

Salah satu juri, I Kadek Agus Undrawan mengatakan kontes platycerium dibagi menjadi 5 kategorj, diantaranya platycerium ridleyi, platycerium Elephantotis, kategori strong fertil, Giant Class, dan jenis Willinckii.

Dikatakan dari keseluruhan platycerium yang dikonteskan saat ini telah memenuhi kreteria penjurian.

“Dari semua kelas itu masuk penilaian, semua masuk,” ujarnya.

Pemenang Kontes Platycerium akan diberikan penghargaan dan piagam yang melibatkan seniman ukir kayu. (kbh1)

Related Posts