October 26, 2024
Pendidikan

Teken MoU, Rangkai Kunjungan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah di UNHI Denpasar

Denpasar-kabarbalihits

Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar kembali mendapat kunjungan, yang kali ini berasal dari rombongan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIM Raden Fatah Palembang, senin (18/7). Kunjungan dirangkai dengan penandatanganan Noktah kerjasama yang dilakukan oleh Wakil Dekan I Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang dengan Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Agama UNHI, I Gusti Bagus Wirawan.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan I Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Pathur Rahman menyatakan apresiasinya terhadap UNHI Denpasar karena memberikan sambutan yang hangat atas kedatangan rombongan. Dikatakan, meskipun kunjungan kali ini adalah tatap muka perdana, namun ikatan secara emosional antara UIN Raden Fatah Palembang dengan Universitas Hindu Indonesia sudah cukup lama.

“Karena Dekan kami beberapa kali sudah berkunjung ke sini. Sementara pada hari ini kami membawa rombongan mahasiswa sebanyak kurang lebih 131 orang dengan beberapa agenda,” ungkapnya.

Lebih lanjut agenda yang dimaksud diantaranya, melakukan MoU dengan mengembangkan berbagai macam hal, baik program pembelajaran seperti halnya pertukaran dosen. Selain itu pertukaran penulisan karya ilmiah serta kegiatan kemahasiswaan.

Diharapkan terjadi dialog yang positif pada kunjungan kali ini, bahkan pihaknya menunggu kedatangan rombongan Universitas Hindu Indonesia untuk hadir di Palembang.

“Ini sesuatu hal yang penting bagi kami untuk melakukan kerjasama yang rencana, terukur dan berkelanjutan. Sehingga bisa mensukseskan akreditasi perguruan tinggi masing-masing lewat kerjasama dan networking yang kuat,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Agama UNHI, I Gusti Bagus Wirawan mengucapkan terima kasih atas kedatangan UIN Palembang untuk melakukan studi banding yang berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Ada satu hal yang menarik disampaikan oleh beliau. Yakni, melalui studi banding ini bisa melakukan perkuliahan secara online. Seperti mahasiswa Filsafat diajar oleh dosen yang ada di UIN Palembang, begitu juga sebaliknya. Nah tentu hal yang semacam ini, sangat baik kedepannya dalam kaitan memperkaya pengetahuan atau wawasan mahasiswa,” ucapnya.

Wirawan berharap kerjasama tidak berakhir sampai di sini, namun bisa dikembangkan lagi terkait dengan bidang penelitian dan juga di bidang pengabdian sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca Juga :  Dubes Polandia Kunjungi Panen Raya "Aquaponik" PS-MSP Unwar di Desa Selat, Abiansemal Badung

“Melalui kerjasama ini kita akan memperkuat jaringan kita terutama bagaimana kita bisa memuat artikel pemikiran mahasiswa ataupun dosen di masing-masing perguruan tinggi itu. Jika seandainya nanti dosen kami yang berada di filsafat memiliki artikel yang layak untuk dipublikasikan mungkin bisa dimuat di majalah yang dikelola oleh UIN Palembang dan sebaliknya sehingga nanti kerjasama ini akan terus berkesinambungan,” pungkasnya.(kbh2)

 

Related Posts