October 27, 2024
Daerah Sosial

Bupati Giri Serahkan 4 Hewan Qurban Bebas PMK Kepada Umat Muslim di Badung

Badung-kabarbalihits 

Serangkaian Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan hewan qurban berupa 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Minggu pagi (10/7/2022).

4 Hewan qurban yang dipastikan bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tersebut, diserahkan kepada Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Badung, didampingi Ketua Pengurus Hari Besar Islam Kecamatan Mengwi dan Abiansemal, serta FKPM Pemkab Badung usai Sholat Id yang dimulai pukul 07.00 wita. Dimana pada Sholat Id yang bertindak sebagai Imam adalah H.Abdul Ubet dan sebagai Khotib, Drs. H. Yunus Anies, SH.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan terima kasih kepada umat muslim di Kabupaten Badung, sebab perayaan Hari Idul Adha terlebih pada malam takbiran (sabtu malam, 9/7/2022) berlangsung dengan khusuk.

Bupati Giri Prasta meminta kepada tokoh umat muslim untuk bersama-sama membangun Kabupaten Badung menjadi lebih baik yang terjadi seperti saat ini. 

“Karena saya sudah memahami di Islam, Rahmatan lil’alamin, rahmat kepada semesta siapapun dia wajib untuk mengayomi sesamanya. Kenapa itu bisa terjadi, karena kita juga diajarkan Amar makruf nahi mungkar, dan saya mau Kabupaten Badung berprestasi kedepan,” kata Bupati Giri Prasta. 

Lainnya dikatakan, saat pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) diminta dilaksanakan dengan bagus, pihaknya siap mengawal festival keagamaan Islam Indonesia tersebut. 

Mengenai syarat keberangkatan Haji tahun ini, Pemkab Badung dikatakan sudah berkoordinasi dengan Forkompinda, Pemerintah Indonesia serta Pemerintah Arab Saudi yang diizinkan melaksanakan ibadah haji adalah jemaah yang berusia sampai 65 tahun, dan siap mengikuti sistem di Arab Saudi. 

“Selanjutnya tidak ada persoalan masalah umur. Yang kedua, sistem di Arab Saudi wajib harus kita ikuti dan Kabupaten Badung sudah siap mengikuti sistem yang ada di Arah Saudi. Bahkan pada pelaksanaan ini, kami Pemerintah Kabupaten Badung sudah meminta kepada haji kita yang sudah berangkat tidak ada menggunakan pesawat terbang, karena kita khawatir terjadi keterlambatan. Semua naik di darat,” jelasnya. 

Selanjutnya dikatakan Pemkab Badung juga menggratiskan perjalanan haji dari keberangkatan sampai pulang ke rumah masing-masing. 

“Termasuk pemandu haji kita gratiskan sampai mekah dan medinah sampai balik juga,” ujarnya. 

Diharapkan di momen Hari Idul Adha ini, kedekatan Pemerintah Kabupaten Badung terkhusus kepada Giri Prasta dengan umat muslim menjadi bagian dari keluarga besar bagi umat muslim di Kabupaten Badung. 

“Kami memberikan shodaqoh juga untuk satu ekor sapi, tiga ekor kambing. Jangan khawatir sudah dipastikan tidak ada penyakit mulut dan kuku, kita juga sudah vaksin,” tegas Giri Prasta. 

Baca Juga :  Jaringan Jurnalis Peduli Sampah Desak Produsen Plastik Tidak Hanya Ambil Cuan di Bali

Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Badung, Agus Hendra Gunawan mengatakan, jamaah yang mengikuti sholat id di lapangan Puspem Badung diperkirakan sampai 5 ribu orang. 

Melalui momen hari Idul Adha 1443 Hijriah, diharapkan semakin moderasi dalam beragama di Kabupaten Badung, dan toleransi beragama semakin meningkat. 

“Saling bantu-membantu, tolong-menolong antar umat beragama, sehingga Badung semakin lebih maju dan makmur untuk kita semuanya,” imbuhnya. (kbh1)

Related Posts