October 14, 2024
Daerah Seni Budaya

Loka Sabha III Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas Kabupaten Karangasem

Karangasem-kabarbalihits

Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas Kabupaten Karangasem menggelar Loka Sabha III, bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Karangasem, sabtu (2/7). Loka Sabha kali ini memuat agenda, penentuan program 5 Tahun kedepan serta penyegaran pengurusnya.

Loka Sabha dibuka langsung Bupati Karangasem, I Gede Dana, serta dihadiri Ketua DPRD Karangasem, I Wayan Suastika serta Ketua Umum Pengurus Pusat Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas, I Ketut Suadnyana. Ketua panitia, I Ketut Udiana, SH mengatakan pelaksanaan Loka Sabha III Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas bertujuan untuk menyegarkan kepengurusan pasemetonan agar bisa melaksanakan tugas sesuai dengan harapan pasemetonan.

“Agar pasemetonan bisa lebih bersatu serta bisa lebih bhakti kepada Betara Kawitan,” ucapnya.

Bupati Karangasem, I Gede Dana Membuka Loka Sabha Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas ditandai Dengan Pemukulan Gong

Bupati Karangasem, I Gede Dana Membuka Loka Sabha Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas ditandai Dengan Pemukulan Gong

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Panitia, I Nyoman Orta Susila menyatakan, peserta yang ikut dalam Loka Sabha kali ini merupakan utusan dari Dadia di seluruh Kabupaten Karangasem yang berjumlah kurang lebih 80 Dadia.

Ketua Umum Pengurus Pusat  Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas, , I Ketut Suadnyana merasa bangga Kabupaten Karangasem sudah mampu melaksanakan Loka Sabha yang ke III. Hal tersebut dikarenakan Karangasem merupakan basis Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas, sehingga Karangasem menjadi barometer pasemetonan ini untuk di Bali.

Sejarah mengatakan, Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas ditugaskan oleh sang raja untuk memimpin Karangasem.

“Untuk itulah, bersama-sama pasemetonan ini kita kumpulkan, kita ajak bersama-sama untuk membangun Karangasem, kita lanjutkan untuk membantu pemerintah Kabupaten Karangasem sehingga bisa mewujudkan semua harapan di Kabupaten Karangasem,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Suadnyana mengajak pa semetonan ini untuk turut mendukung semua program pemerintah, sehingga dengan adanya persatuan ini tidak akan menimbulkan ego dan sifat arogan.

“Jadi mari kita bersama-sama untuk bahu-membahu bersama-sama para semeton yang lainnya membangun Karangasem, utamanya adalah Dharma Agama sesuai dengan bhisama betara kawitan masing-masing, sehingga Bali itu tetap ajeg,” imbuhnya seraya menambahkan Bali disaat seperti sekarang ini sangat membutuhkan peran serta masyarakat dan tokoh untuk mengambil langkah yang tegas tentang Bali karena sejauh ini Bali telah menerima pengaruh-pengaruh dari luar yang merongrong keajegan Bali itu sendiri.

Baca Juga :  Plt. Bupati Badung Hadiri Gebyar Pelayanan Prima Tahun 2024 dari KemenPAN-RB

Loka Sabha ke III Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas diapresiasi Bupati Karangasem, I Gede Dana. Karena lewat kegiatan ini pasemetonan tersebut mempersatukan untuk bhakti terhadap leluhurnya. Selain itu menurut Bupati, pasemetonan ini tidak mengkotak-kotakkan pasemetonan, namun lebih kepada mempersatukan diri untuk tetap ingat kepada leluhurnya.

“Sangat bagus sekali jika Pasemetonan ‘Nyikiang Raga’ kemudian yang terpenting adalah bisa kompak menjaga adat budaya dan tradisi yang ada di Bali ini,” ujarnya.(kbh2)

Related Posts