October 14, 2024
Daerah

Wujudkan Pelayanan Terbaik, Perumda Air Minum Tirta Mangutama Uji Coba Bersihkan Sedimentasi di Saluran Pipa Gunakan Teknologi Nitrogen dari Korea

Badung-kabarbalihits

Upaya memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, terus dilakukan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mangutama, Kabupaten Badung. Tak tanggung-tanggung, untuk memecahkan masalah sedimentasi yang terjadi pada saluran pipa air bersih, Perumda milik Pemkab Badung itu, mendatangkan Perusahan Ssenypang Co. Ltd. Perusahaan asal Korea tersebut memecahkan masalah sedimentasi pada pipa yang dapat menurunkan kualitas air bersih saat didistribusikan, dengan memanfaatkan teknologi nitrogen.

Direktur Teknik Made Suarsa, ST, dan Direktur Umum Made Sugita di sela uji coba di Desa Adat Tandeg, Jalan Raya Pantai Berawa, Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Rabu (29/6) malam mengatakan, uji coba pembersihan sedimentasi saluran pipa dengan nitrogen bekerjasama dengan Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng dan Ssenypang Co. Ltd., Korea. Turut hadir dalam kegiatan itu, Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng, I Made Lestariana beserta Dirtek,Nyoman Suwirta serta aparat desa setempat.“Ini adalah salah satu upaya kami meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Teknologi ini baru kami uji coba pada saluran pipa sepanjang 1,5 kilometer, jadi teknologi ini adalah membersihkan kerak-kerak aditif yang disebabkan oleh pengaliran air yang sudah berlangsung sejak 1998,” ungkapnya.

Menurutnya, kondisi pipa saluran air di Kabupaten Badung telah berumur, sehingga diperlukan pembersihan untuk memperlancar saluran air kemasyarakat. Selain memenuhi dari standar Permenkes yang ditetapkan oleh pemerintah. “Teknologi ini sebelumnya sudah diterapkan di Buleleng. Di awal kita sudah melakukan endoskopi melihat kerak setebal 2 cm. Kami berharap kerak-kerak tergerus oleh nitrogen bertekanan tinggi, sehingga pipa kami menjadi bersih,” terangnya.

Dikatakan, pihaknya akan terus berusaha memberikan pelayananprima kepada masyarakat. Karena itu, pihaknya akan melihat efektivitas dariteknologi nitrogen yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan dalammeningkatkan pelayanan.“Jika berhasil ke depan mungkin akan dilakukan kerjasamadengan Ssenypang Co. Ltd. Sebab, hampir semua pipa kami berumur, jadi kami lihat efektivitasnya apa kita akan mengganti pipa atau melakukan pembersihan dengan nitrogen,” terangnya.

Baca Juga :  Buleleng Optimis Capai Target Vaksinasi Booster Dalam Minggu Ini

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga meminta maaf kepadamasyarakat yang terdampak dari aktivitas uji coba nitrogen sepanjang Jalan Raya Pantai Berawa. Setidaknya, terdapat 60 pelanggan PDAM yang terdapat dari aktivitas tersebut.

“Kami memohon maaf atas terganggunya pelayanan kepada masyarakat. Karena itu, sebelum dilakukan uji coba ini, kami telah menerbitkan pengumuman kepada masyarakat, baik secara online maupun di media sosial,”ucapnya.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng, I Made Lestariana menjelaskan jika metode ini bagus dan benar-benar efektif,tentu dapat diadopsi untuk lokasi percontohan. Nanti bisa dilanjutkan oleh perusahaan air minum lainnya. Dengan penerapan teknologi bisa menekan belanja modal. Mengingat pemeliharaan pipa penyedot belanja modal yang cukup besar.(kbh6)

Related Posts