October 14, 2024
Pendidikan

Jurusan Akuntansi PNB Gelar Pengabdian Masyarakat di SMK Negeri 1 Mas Ubud

Gianyar – kabarbalihits 

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali (PNB) melaksanakan Pengabdian Masyarakat yang bertempat di SMK Negeri 1 Mas, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Kamis, (30/6). 

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Akuntansi PNB, I Made Sudana, SE.,M.Si, Sekretaris Jurusan Akuntansi PNB, Ketua Unit Pengabdian PNB, Ketua Pengawas SMK Negeri 1 Mas Ubud, Kepala SMK Negeri 1 Mas Ubud dan peserta yang merupakan anggota dari MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Akuntansi. Guru-guru ini berasal dari SMK-SMK yang tersebar di Kabupaten Gianyar, Karangasem, Bangli, dan Klungkung. 

Ketua Jurusan Akuntansi PNB, I Made Sudana, SE.,M.Si, menjelaskan, bahwa kegiatan ini adalah salah satu kegiatan untuk memperkenalkan Politeknik Negeri Bali secara umum dan Jurusan Akuntansi secara khusus. 

“ Kegiatan ini merupakan salah satu Langkah untuk mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam bentuk link and match dengan SMK. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa-mahasiswa jurusan akuntansi sebagai pendamping instruktur dalam rangka mempraktikkan PBL (Project Based Learning)” ujarnya. 

Kepala SMK Negeri 1 Mas Ubud, Drs. I Wayan Sunita, M.M., M.Pd., sebagai tuan rumah kegiatan pengabdian menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Jurusan Akuntansi PNB. 

“Pengembangan kompetensi seorang guru adalah tanggung jawab kita bersama, dalam hal ini di bidang akuntansi dan perpajakan sehingga peserta diharapkan mengikuti kegiatan pengabdian ini sampai selesai” ujarnya. 

Pengawas SMK Negeri 1 Mas Ubud, Bapak Drs. I Wayan Suardana, S.Pd., M.Pd., yang mewakili Dinas Pendidikan dan Olah Raga menyampaikan bahwa penting sekali bagi para guru untuk mengupdate informasi dan media pembelajaran di tengah penerapan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. 

Pengabdian yang bertema “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Produktif Program Keahlian AKuntansi dan Perpajakan Tahun 2022” ini dilaksanakan melalui pelatihan dan pendampingan  oleh tiga orang narasumber yang merupakan dosen Jurusan Akuntansi PNB yaitu, Dr. Nyoman Darmayasa, BKP., Ak., CA., CADE., CAAT., CPMA., CPA. yang mengangkat materi mengenai dasar akuntansi, I Made Bagiada, S.E., M.Si., Ak. dengan materi akuntansi keuangan, serta I Dewa Made Partika, SE, M.Com.,BKP mengenai perpajakan. 

Baca Juga :  Fakultas Teknik Universitas Udayana dan BAPETEN Laksanakan FGD di Bidang Cyber Security pada Instalasi Nuklir dan Dunia Industri

Untuk memaksimalkan kegiatan pelatihan ini didampingi oleh enam orang instruktur dari dosen jurusan Akuntansi serta sembilan belas orang mahasiswa yang berasal dari Program Studi DIII Akuntansi, Sarjana Terapan Akuntansi Manajerial, dan Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan. Pengabdian ini juga merupakan bagian dari tindak lanjut Kerjasama Program (D2) Jalur Cepat Administrasi Perpajakan Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali. (r)

Related Posts