October 27, 2024
Daerah Lifestyle

Bangun Potensi Baru Di Desa, Made Yudana Komitmen Fasilitasi Kembangkan Desa Penarungan Melalui Bonsai

Badung-kabarbalihits

Setelah dikenal dengan wisata desa yang dilengkapi dengan berbagai kuliner yang ada, Desa Penarungan Kecamatan Mengwi tampaknya akan menambah ikon baru sebagai upaya untuk menggarap potensi yang ada yakni tanaman bonsai. Hal ini diungkapkan tokoh masyarakat sekaligus Anggota DPRD Badung Made Yudana usai pembukaan Kontes Bonsai serangkaian HUT ke -41 Seka Teruna Tunas Harapan Banjar Bangkiangsidem, Senin (13/6).

Lebih lanjut  Made Yudana Anggota DPRD Badung Fraksi PDI Perjuangan ini, menyampaikan rasa syukur dan gembiranya atas terlaksananya Kontes Bonsai sebagai rangkaian  hari jadi ke-41 ST Tunas Harapan Banjar Bangkiangsidem.

“Ini adalah inisiatif adik-adik kami di ST. Tunas Harapan untuk melaksanakan kontes bonsai yang dimulai sejak 10 hingga 16 Juni 2022,”ucapnya.

Selaku tokoh masyarakat dan Anggota DPRD Badung yang juga lahir di Banjar Bangkiangsidem, Made Yudana menyatakan sangat mengapresiasi inovasi kontes bonsai yang telah dilakukan generasi muda Banjar Bangkiangsidem.

“Astungkara berkat kerja keras adik -adik kami semua disini, kegiatan ini dapat berjalan lancar yang tentunya tidak lepas dari dukungan seluruh warga dan pecinta bonsai, sehingga jumlah pesertanya cukup banyak yang hadir mengikuti kontes ini,”terangnya.

Dek Yuda begitu Made Yudana akrab disapa juga berharap kontes bonsai ini agar dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan skala yang lebih besar sehingga dapat  menjadi salah satu ikon baru bagi Desa Penarungan. Untuk itu Made Yudana menegaskan sebagai kepanjangan tangan pemerintah di legislatif, pihaknya akan senantiasa membangun sinergi khususnya dalam berbagai kegiatan termasuk dalam pelaksanaan kontes bonsai di masa mendatang.

“Tentu kami akan terus mensupport kegiatan positif generasi muda ini, baik secara pribadi maupun selaku wakil rakyat di DPRD Badung yang merupakan kepanjangan tangan pemerintah,” tegasnya.

Sementara mewakil Bupati Badung Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kabupaten Badung, I Wayan Wijana menyampaikan apresiasi serta terima kasih kepada Seke Teruna Tunas Harapan Banjar Bangkiangsidem karena telah mampu melaksanakan kontes bonsai sebagauisalah satu inovasi berkreativitas. Lantas, Wayan Wijana juga menyatakan kekagumannya atas bersatunya para tokoh yang ada di Desa Penarungan yang tentunya dapat menjadi modal besar Desa Penarungan untuk terus bisa memajukan Desa Penarungan.

“Mudah-mudahan dengan bersatu tokoh-tokoh di Penarungan, apa yang menjadi kepentingan dan aspirasi masyarakat di Desa Penarungan bisa beliau perjuangkan untuk bersama-sama mewujudkan kebersamaan dan kesejahteraan masyarakat,”paparnya.

Wayan Wijana juga mengatakan dengan dibukanya pariwisata Bali setelah dua tahun dihantam Pandemi Covid-19, tentu hal ini berarti roda perekonomian masyarakat bergulir kembali. Untuk itu masyarakat juga harus melakukan upaya untuk menyambut kedatangan wisatawan dengan upaya dan inovasi masing -masing.

“Untuk itu Pemkab Badung sangat berterima kasih dengan adanya kontes bonsai hari ini. Kontes bonsai ini kita harapkan selain untuk menyalurkan hobi masyarakat yang menggemari bonsai, juga bisa mengangkat potensi masyarakat,”jelasnya, sembari berharap kontes bonsai ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan karena merupakan peluang bisnis untuk bisa menggerakan perekonomian masyarakat.

Baca Juga :  Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kota Singaraja ke 420

Menurut Panitia Penyelenggara kontes bonsai Banjar Bangkiangsidem Kadek Oka Surya Hendrawan, kegiatan yang diikuti pesertaseluruh Bali dengan hadiah utama satu buah sepeda listrik ini dilaksanakan untuk menyambut HUT ke 41 Seka Teruna Tunas Harapan sekaligus sebagai upaya untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap tanaman sebagai bentuk pelestarian alam.

“Hal ini juga kami maksudkan untuk ajang kreativitas dan inivasi kami di Seka Teruna Tunas Harapan agar hasilnya dapat dinikmati dari semua golongan,”terangnya.

Surya Hendrawan juga menyatakan terima kasih atas support yang telah diberikan para Tokoh di Desa Penarungan.

“Atas nama panitia, kami sampaikan terima kasih, sehingga kontes bonsai ini dapat terlaksana dengan baik,”ungkapnya.

Tampak hadir dalam Pembukaan Kontes Bonsai tersebut, Wakil Ketua DPRD Badung, I Wayan Suyasa, Perbekel Penarungan ,Ni Wayan Kerni, Bendesa Adat Penarungan, Made Widiada, Perbekel Punggul, Made Sukarma serta undangan lainnya.(kbh6)

Related Posts