July 19, 2024
Daerah Seni Budaya

Wayan Suyasa Fasilitasi Pembangunan Bale Kulkul Banjar Pemijian Desa Sangeh Rp 200 Juta

Badung – kabarbaihits 

Optimalisasi dalam memenuhi aspirasi masyarakat benar-benar dilakukan Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa. Terbukti, Sabtu 30 April 2022 Ketua DPD Partai Golkar Badung yang akrab disapa WS ini memfasilitasi pembangunan Bale Kulkul Banjar Pemijian Desa Sangeh senilai Rp 200 juta. 

Hal tersebut terungkap saat Wayan Suyasa hadir memenuhi undangan krama serangkaian Piodalan Pura Melanting Banjar Pemijian Desa Sangeh. Pada kesempatan tersebut, selain turut serta ngrastiti bakti dengan persembahyangan bersama. Sebagai bentuk apresiasi dan motivasi atas kebersaman krama dalam nangun yadnya piodalan itu Wayan Suyasa ngaturang punia Rp 7,5 juta. 

Kehadiran Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa  yang diampingi Ketua Frksi Golkar DPRD Badung IGN Saskara, Ketua PK Partai Golkar Kecamatan Abiansemal IGN Jelantik Trinaya sertjajaran PD Partai Golkar Desa Sangeh, disambut antusias Krama  Banjar Pemijian diantaranya Bendesa Adat Sangeh I Gusti Agung Bagus Adi Wiputra, Penglingsir Banjar Ida Bagus Ketut Dipayana, Kelian Adat dan Kelian Dinas I Gusti Ketut Suarnata dan I Made Soma serta tokoh masyarakat di desa tersebut. 

Mengawali sambutannya usai persembahyangan bersama Wakil Ketu DPRD Badung I Wayan Suyasa menyatakan kehadirannya di Banjar Pemijian untuk memenuhi undangan prajuru yang disampaikan serangkaian piodalan di pura Melanting Banjar Pemijian. 

“Kami hadir memenuhi undangan yang disampaikan prajuru beberapa waktu lalu. Sebagai wakil rakyat di DPRD Badung kami berkewajiban untuk turun ke tengah masyarakat sekaligus menerima aspirasi yang disampaikan kepada kami,”ucapnya. 

Lantas, WS begitu sapaan akrab Wayan Suyasa yang juga Ketua DPD Partai Golkar Badung ini mengapresiasi kebersamaan dengan semangat gotong royong krama Banjar Pemijian dalam melaksanakan upacara yadnya ini meski ditengah Pandemi Covid-19. 

Baca Juga :  Sosialisasi Cegah Stunting, DP2KBP3A dan Dispar Rancang Lomba Kuliner Bahan Biji Durian

Secara khusus, sebagai bagian pemerintah Kabupaten Badung,  tokoh inovatif tiga periode di DPRD Badung ini memohon maaf kepada masyarakat karena pemerintah belum dapat memaksimalkan bantuan seperti dahulu akibat menurunnya pendapatan Kabupaten Badung yabg bersumber dari pajak hotel dan restoran menurun tajam pasca Pandemi yang sudah dua tahun lebih melanda. 

“Apa yang sudah dilaksanakan pemerintah melalui Bapak Bupati Badung, sudah sangat tepat dalam membantu masyarakat. Namun untuk saat ini bantuan belum bisa dimaksimalkan karena kunjungan wisatawan ke Badunf jumlahnya menurun. Mari kita berdoa agar covid-19 segera hilang, dan perekonomian kembali bangkit,”ajaknya. 

Sebagai wujud bakti turus ngrastiti piodalan Pura Melanting Banjar Pemijian, Wakil Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa ngaturang punia Rp 7,5 juta. Sementara, terhadap aspirasi krama Banjar Pemijian yang mengharapkan pembangunan Bale Kulkul, secara tegas Wayan Suyasa menyatakan kesiapannya memfasililitasi dengan bantuan Proposal senilai Rp 200 juta. “Astungkara di akhir 2022 ini dananya sudah cair, kami berupaya melalui rekan – rekan kami yang ada di provinsi maupun pusat,”tegasnya. 

Baca Juga :  Banjar Abianjero Menjadi Tuan Rumah Loka Sabha VI Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas Kecamatan Abang, Bupati Dana Puji Konsep Pasemetonan

Mewakili krama agung Banjar Pemijian Desa Sangeh, Penglingsir banjar Ida Bagus Ketut Dipayana menyatakan teroma kasih atas kesediaan Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa memenuhi undangan krama sekaligus ngaturang punia dalam pelaksanaan piodalan di pura melanting ini. Mantan Bendesa Adat Sangeh ini secara khusus menyatakan sangat terbantu dengan kesiapan Wayan Suyasa untuk memfasilitasi pembangunan Bale Kulkul di Banjar Pemijian. 

“Terwujudnya Bale Kulkul di Banjar Pemijian yang  difasilitasi Pak Wayan Suyasa, kami sangat berterima kasih. Hal ini sudah lama menjadi dambaan krama di Banjar Pemijian,”ungkapnya. (kbh6)

Related Posts