October 14, 2024
Daerah Sosial

Ribuan Jamaah Padati Lapangan Kompyang Sujana, Ustadz Saifuddin Zaini : Sholat Idul Fitri 1443 H Bukan Sebatas Ibadah Ritual

Denpasar-kabarbalihits

Setelah dua tahun tidak dapat melaksanakan ibadah Sholat Id secara berjamaah karena mengikuti himbauan Pemerintah di masa pandemi Covid 19, umat muslim di wilayah Kecamatan Denpasar Barat akhirnya kembali berkumpul menunaikan Sholat Id di Lapangan Kompyang Sujana, Denpasar Barat, Senin pagi (2/5/2022).

Di Hari Idul Fitri 1443 Hijriyah, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Denpasar Barat berupaya kepada Pemerintah Kota Denpasar untuk memperbolehkan menggunakan lapangan sepak bola Kompyang Sujana dalam menunaikan Sholat Id oleh ribuan jamaah yang dipimpin Imam, Ustadz H.Moh. Toreqot, S.Ag.

Selaku Khotib, ustdaz Drs.H. Saifuddin Zaini, M.Pd.l menyampaikan, Idul Fitri kali tidak hanya sebatas ibadah ritual menyelesaikan bentuk pengabdian antara manusia dengan Tuhan, juga adanya muatan sosial yakni media sebagai bertemu antar warga sesama seiman setelah dua tahun terbelenggu.

“Mereka tidak bisa melaksanakan ibadah seperti ini, maka ini menjadi kebahagiaan yang luar biasa karena memenuhi fitrah manusia yaitu hidup bersama-sama dan Sholat Id secara berjamaah seperti ini adalah sangat efektif untuk bisa memupuk menguatkan semangat kebersamaan. Umat Islam dengan Sholat Idul Fitri diminta supaya bisa mengutamakan kebersamaan,” ucap Ustadz Saifuddin Zaini.

Dengan mengusung tema, ‘Idul Fitri Memperkokoh Persatuan Umat’ diharapkan hanya bersatu umat bisa lebih kuat yang diibaratkan seperti sapu lidi, dengan lidi yang digabung menjadi satu menghasilkan kekuatan.

“Dan seluruh cabang ibadah dalam Islam ini mengisyaratkan bagaimana umat ini bisa bersatu, dengan bersatu yang ringan menjadi tambah ringan, yang berat menjadi ringan,” katanya.

Pihaknya juga berharap, pada pelaksanaan Sholat Id kedepannya tetap menjaga kualitas, tidak hanya dari sisi jumlah tetapi juga kualitas penyelenggaraannya.

“Ini sudah bagus, bagaimana Sholat Id tidak menjadikan repotnya orang lain. Tetapi Sholat Id adalah yang menggembirakan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pengukuhan, Ini Pesan Ketua LDII Bali untuk Pengurus LDII Tabanan yang Baru

Salah satu umat yang tinggal di Jalan Buana Permai, Padangsambian, bernama Yuli mengaku sangat senang setelah pandemi kembali dapat mengikuti Ibadah Sholat Id di Lapangan bersama jamaah yang lain.

“Alhamdulilah senang ya. Bisa berkumpul lagi, bersilaturahmi menunaikan Ibadah Idul Fitri. Mudah-mudahan di tahun berikutnya akan bisa terlaksana seperti ini dan kita semua diberi kesehatan dijauhkan dari pandemi,” harap Yuli.

Usai Sholat Id, ia bersama keluarganya berencana melanjutkan tradisi silaturahmi dimana salah satu amalan umat muslim untuk menyambung tali persaudaraan. (kbh1)

Related Posts