July 19, 2024
Daerah Lifestyle Pendidikan

Sambut HUT Kota Gianyar ke 251, Mahasiswa BETA Ikuti Lomba Barista 

Gianyar-kabarbalihits 

Dalam menyambut HUT Kota Gianyar ke 251, LPK Bali Excellent Tourism Academy (Kampus BETA) turut berpatisipasi dengan mengirimkan salah satu mahasiswanya untuk mengikuti lomba Barista, yang bertempat di kawasan Alun-alun Kota Gianyar, Sabtu (9/4/2022). 

Lomba Barista yang diikuti 20 peserta ini dihadiri langsung Bupati Gianyar, I Made Mahayastra bersama Wakil Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Mayun, beserta jajaran terkait. 

Disampaikan, lomba ini dirancang setiap tahun untuk kawula muda milineal Gianyar, baik bagi penggemar Barista, maupun Mixology serta ajang seni, olahraga lainnya untuk menjadi hal yang positif. 

“Kita siapkan tempat mereka untuk tampil, sehingga menjadi hal yang positif. Bukan saja sekedar hobi nantinya akan menjadi suatu pekerjaan yang menjanjikan dan menjadi sukses,” ucap Bupati Gianyar, I Made Mahayastra bersama istri, Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra yang juga sebagai Ketua Penggerak PKK Kabupaten Gianyar di lokasi lomba Barista, (9/4/2022). 

Mahayastra menilai antusias peserta kali ini luar biasa, dan kegiatan ini menjadi kesempatan bagi milenial untuk membangun Gianyar dari segala bidang. 

“Kita tidak boleh berhenti, apapun hambatan apapun situasi, kita harus tetap melangkah membuat Gianyar lebih maju dan jaya, aman,” ujarnya. 

Peserta lomba Barista, mahasiswa dari Kampus BETA Putri Wahyuni mengatakan, ia mengikuti lomba Barista memang niat dari diri sendiri dan didukung sepenuhnya oleh pihak kampus BETA yang beralamat di Jalan Raya Wanayu, Blahbatuh, Gianyar. 

Tidak hanya sekedar menambah pengalaman, diharapkan ilmu Barista yang didapatkan bisa diexplore pada lomba ini, dan kedepannya menjadi bekal di dunia industri. 

“Saya harap acara kali ini bisa menjadi bekal saya di dunia kerja nanti, dan bisa membawa saya jauh lebih baik kedepannya,” harap Putri. 

Lomba Barista ini dinilai oleh 3 juri yang kompeten di bidangnya. Salah seorang juri, Jaya Merta Gunawan menyebutkan diperlukannya kesiapan untuk para peserta dalam lomba Barista ini, salah satunya kesiapan mental dan kreativitas. 

“Ada kesiapan mental, kemudian pembawaan, dan tidak luput dari pengetahuan secara teknis, kemudian produk yang dibawakan harus benar-benar dari segi taste, segi keterampilan, kreativitas sangat dinilai,” bebernya. 

Gunawan memandang profesi Barista kedepannya akan selalu dibutuhkan. Dimana kopi di Indonesia sudah mulai teredukasi, dan kedatangan wisman ke Bali diharapkan semakin meningkat. 

“Di Pariwisata juga, budaya bule ngopi khususnya di Bali karena disini adalah tempat pariwisata. Jadi sangat prospek sekali kalau untuk kita menjadi seorang Barista dan sangat dibutuhkan sekali,” imbuhnya.

Baca Juga :  PMI Buleleng Gelar Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat Di Tejakula

Pada kesempatan tersebut kampus BETA juga mengikuti booth stand berkolaborasi dengan Masterprima Bali di areal lomba Barista dan Mixology. 

Kepala cabang Masterprima Bali, Gus Ngurah Jaya Kusuma menjelaskan Masterprima merupakan Bimbel (Bimbingan Belajar) yang berfokus pada Kedinasan, CPNS, PKN Stan, dan UTBK. Pihaknya ingin memperkenalkan kepada SMA/ SMK yang ada di Bali terkait keberadaan kampus kedinasan. 

“Lebih banyak ke sosialisasi, kita akan memberikan kesempatan kepada siswa-siswa untuk merasakan bagaimana pendidikan untuk menjadi kedinasan atau aparatur negara,” ucapnya. (kbh1) 

Related Posts