October 14, 2024
Pendidikan

Tutup Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Unmas Gelar Webinar dan Pagelaran Budaya Nusantara

Denpasar-kabarbalihits

Serangkaian penutupan program pertukaran Mahasiswa Merdeka  2021/ 2022, Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar menggelar Webinar Inspirasi, Kebhinekaan dan Refleksi serta Pagelaran Budaya Nusantara yang dilaksanakan secara luring dan daring, sabtu (5/2). Dengan demikian, Unmas Denpasar secara aktif terus mengimplementasikan dan mendukung program pemerintah, dalam hal ini dari Kemdikbud-Ristek, salah satunya tentang program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Ketua panitia, Dr. I Kadek Adi Wibawa, S.Pd.,M.Pd mengatakan, pemateri inspirasi diisi oleh Wayan Andy Karyasa sebagai Ketua Yayasan Relawan Bali dan pemateri kebhinekaan diberikan oleh Ketua Majelis Desa Adat (MDA) Bali, Ida Panglingsir Agung Putra Sukahet.

Dalam kesempatan yang sama,wakil rektor I Unmas Denpasar, Dr. I Wayan Gede Wiryawan, SH., M.H mengatakan, dengan penutupan kegiatan ini Universitas Mahasaraswati Denpasar pada prinsipnya berharap proses dari pertukaran mahasiswa yang didesain dengan sangat sistematis ini nantinya bisa menjadi sesuatu hal yang yang sangat baik bagi mahasiswa. Wiryawan berharap dengan kegiatan ini menjadi suatu momentum bagi mahasiswa bahwa Universitas Mahasaraswati Denpasar adalah salah satu kampus yang menjadikan kerukunan itu adalah suatu indikator utama, yakni sebagai bangsa Indonesia wajib menjaga keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama, suku, ras dan golongan yang ada di Indonesia.

“Saya setuju dengan yang dikatakan narasumber tadi, jadi untuk mempertahankan kebhinekaan sangat memerlukan perjuangan yang sangat keras, karena tantangan tidak datang dari internal saja namun juga bersifat eksternal. Sehingga harus diantisipasi dalam menjaga eksistensi bangsa dan negara Indonesia. Sehingga melalui webinar ini saya harap mampu memberikan inspirasi kepada peserta,” ucap Wiryawan.

Sementara itu, Rektor Universitas Mahasaraswati Denpasar, Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd mengatakan, Unmas Denpasar telah mengikuti berbagai hibah dari Kemdikbud-Ristek, sejak diluncurkannya program MBKM pada tahun 2020. Sukamerta menuturkan, Unmas Denpasar langsung merespon dengan lolos hibah kerjasama dalam rangka mendukung MBKM, yang dimenangi oleh prodi agribisnis, agroteknologi, dan S1 hukum.

“Terakhir ini Unmas Denpasar juga telah memenangi hibah program kompetisi kampus merdeka afirmatif (PKKM Afirmatif) untuk lima program studi yaitu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, manajemen, sastra Inggris, sastra Jepang dan teknik sipil,” kata Sukamerta.

Selain itu, Unmas Denpasar berhasil mengikuti berbagai program Kemdikbudristek tentang 9 kegiatan MBKM, diantaranya kegiatan asistensi mengajar 1, 2 dan 3, kegiatan studi independen (mahasiswa belajar di sekolah ekspor Indonesia), program kredensial mikro mahasiswa Indonesia, transfer kredit internasional, program riset keilmuan, talenta inovasi, dan yang saat ini diselenggarakan adalah pertukaran mahasiswa merdeka dalam negeri (PMMDN).

Baca Juga :  Unwar Ikuti Kegiatan International Visiting Professor/Lecturer

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada 114 mahasiswa dari 60 perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia telah menyelesaikan kuliahnya di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jika ada hal baik yang dirasakan, bolehlah kiranya diceritakan, namun jika ada kekurangan, kesalahan, mohon disampaikan kepada kami,” pungkasnya. (kbh2)

Related Posts