October 26, 2024
Ekonomi

Sonny Sumarsono Lantik DPD IAPI Bali, Agar Lebih Gesit Rampingkan Kepengurusan

Denpasar – kabarbalihits

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (DPP IAPI) Sonny Sumarsono melantik jajaran Pengurus Dewan Pengurus Daerah Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (DPD IAPI) Provinsi Bali Periode 2021-2024 di Hotel Grand Inna Bali Beach Sanur Denpasar, Jumat 28 Januari 2022. Adapun Ketua DPD IAPI Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Manu, Sekretaris, I Putu Mertawirawan, Bendahara Gusti Ngurah Kama Wijaya serta  didampingi sejumlah pengurus lainnya.

Dalam sambutannya usai dilantik, Ketua DPD IAPI Provinsi Bali Dewa Agug Gede Manu mengatakan kepengurusan IAPI Provinsi Bali periode 2021-2024 merupakan hasil Musda Desember lalu. “Kami meneruskan tongkat estafet kepengurusan DPD IAPI Provinsi Bali kepada kami, untuk teris melanjutkan kiprah darma bakti dalam bidang pengadaan barang dan jasa,”ujarnya. 

Dewa Manu juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus DPD IAPI Provinsi Bali periode 2018-2021 dibawah komando Nyoman Sumerta karena telah menempatkan pondasi orgamisasi yang kuat serta jejaring di berbagai sektor. “Sehingga kami di kepengurusan selanjutnya tinggal meneruskan dan meningkatkan darma bakti kita kepada insan-insan pengadaan,”katanya. 

IAPI sebagai organisasi profesi pengadaan barang jasa menurut Dewa Manu memiliki dua tantangan yang cukup berat yakni dari sisi organisasi tentu soliditas organisasi menjadi sangat penting. Dan yang kedua dari sisi organisasi kepengurusan DPD IAPI Bali 2021-2024 disusun menjadi lebih ramping mengikuti reformasi yang sudah berjalan dengan jumlah pengurus sebanyak 9 orang.  

“Ini mencerminkan “Dewata Nawasanga”, sehingga lebih gesit dalam bergerak serta dalam pelaksanaan kegiatan nanti kita akan banyak berkolaborasi dengan berbagai lembaga organisasi tang tentunya memiliki visi misi dan tujuan yang sama yakni memajukan dunia pengadaan”,bebernya, seraya menjelaskan tindaj lanjutnya dengan beberapa MOU termasuk dengan lembaga bantuan hukum sebagai advokasi dalam mendukung pelaku pengadaan. 

Menyadari dalam membangun ekosistem pengadan yang baik, DPD IAPI Bali tidak hanya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dari sisi organisasi pembeli dalam hal ini, namun juga  menjadi wajib dan tugas bersama untuk membina pelaku usaha sebagai mitra dalam hal pengadaan barang dan jasa. “Kami juga melaksanakan penandatangan MOU dengan BPD Hipmi Bali. Dan untuk peningkatan kapasitas sdm pengadaan kami juga melakukan MOU dengan lembaga pendidikan dan SDM preneur consulting untuk kolaborasi kegiatan pelatihan,”jelasnya. 

Terkait tantangan profesi pengadaan, Dewa Manu berharap kepengurusan IAPI Bali dalam profesi pengadaan barang dan jasa menjadi suatu ilmu pengetahuan yang selalu akan berkembang bisa dikaji dan diskusikan tidak menjadi otonomi didalam salah satu pihak. 

Baca Juga :  Pesemetonan Pratisentana Bandesa Manik Mas Kabupaten Badung Gelar Paruman Madya

Pelantikan DPD IAPI Provinsi Bali yang dihadiri para pemangku kepentingan, menambah keyakinan Ketua Umum DPP IAPI Sonny Sumarsono bahwasannya pengurus DPD IAPI Provinsi Bali akan  sukses mengemban amanat dalam kepengurusan tiga tahun mendatang meningkatkan kinerja pengadaan barang dan jasa.

“Kami lihat yang hadir pemerintahan daerah provinsi maupun kabupaten, BUMN, BUMD, BLUD, lBH dan universitas seandainya sinergi ini bisa direalisasikan dengan baik, akanmendorong kesuksesan IAPI Bali dan model kolaborasi ini bisa menjadi contoh bagi  daerah lain, bagaimana meningkatkan kinerja pengadaan barang dan jasa,”ujarnya.

Tampak hadir dalam pelantikan Pengurus DPD IAPI Provinsi Bali Kepala Biro Pengadaan Barang/Jasa dan  Perekonomian Provinsi Bali, Kepala Biro Logistik Polda Bali,Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Universitas Udayana, Ketua BPD Hipmi Bali serta sejumlah undangan khususnya Direksi Perumda Air Minum Se Bali. Kbh6

Related Posts