October 14, 2024
Pendidikan

Sosialisasi Arah Riset dan Pusat Studi Universitas Warmadewa

Denpasar-kabarbalihits

Warmadewa Research Centre (WaRC) menyelenggarakan Sosialisasi Arah Riset dan Pusat Studi Universitas Warmadewa pada Selasa, 25 Januari 2022 bertempat di Ruang Gunapriya Dharmapatni Mandapa (GDM) II dan III FKIK Unwar.

Acara dihadiri Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali beserta Bendahara YKKPB, Rektor Unwar, Wakil Rektor I dan II Unwar, Dekan di lingkungan Unwar, Direktur Sekolah Vokasi, Wakil Direktur II PPs Unwar, para Kepala Badan dan Lembaga di lingkungan Unwar, Direktur WaRC beserta jajaran serta dosen di lingkungan Unwar.

Acara ini mendatangkan guest lecturer seorang peneliti dan dosen Fisipol Universitas Gadjah Mada Indri Dwi Aprilliyanti, S.IP.,MBA.,Ph.D, dengan 3 narasumber diantaranya adalah Ketua Warmadewa International Affairs Drs. I Ketut Putra Erawan, MA.,Ph.D., Direktur WaRC I Nyoman Gede Maha Putra, ST., M.Sc., Ph.D., dan Kepala Lemlit Unwar Prof. Dr. I Made Suwitra, SH.,MH., dengan moderator Akademisi Fisip Unwar Made Yaya Sawitri, S.HI.,M.A.

Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK., mengatakan sebagai pimpinan universitas menyambut baik acara ini karena tentu tujuan dari sosialisasi itu untuk benar-benar bisa memahami arah penelitian di Unwar dengan tujuan agar penelitian para dosen tidak salah arah. Saat ini Unwar menerapkan Education Based Research karena memang kewajiban kita untuk mengintegrasikan kegiatan penelitian ke dalam pendidikan dan wajib hukumnya. Bukan hanya penelitian tetapi juga pengabdian kepada masyarakat. Disamping itu dosen-dosen juga mempunyai misi untuk mengembangkan penelitian di prodi masing-masing agar tidak salah arah. Selain itu arah penelitian yang kita formulasikan saat ini adalah dalam rangka menjawab perubahan yang begitu pesat baik faktor internal maupun eksternal. Guna mendukung penelitian-penelitian yang kita arahkan itu maka kepentingan untuk mengembangkan pusat studi yang relefan itu juga menjadi sangat penting.

Baca Juga :  Targetkan 400 Kantong Darah, Universitas Udayana Gelar Donor Darah

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., pada kesempatan tersebut mengatakan kita sadar perubahan yang terjadi lebih banyak dan bahkan sebagian besar disebabkan oleh hasil hasil-hasil research para peneliti. Bahkan dunia usaha atau industri akan selalu menggunakan hasil research untuk mengembangkan usahanya sehingga apa yang dilakukan lebih predictable. Unwar sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia Timur mestinya harus memiliki kualifikasi peneliti-peneliti handal dan peneliti-peneliti handal itu adalah dosen-dosen Unwar yang nanti bisa menghadilkan karya-karya yang nantinya bisa menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.(r)

Related Posts