March 29, 2024
Pendidikan

“Peran Komunitas Kreatif di Dalam Transformasi Ekonomi Bali” Tema Talkshow BEM Fak. Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata UNHI

Denpasar-kabarbalihits

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar menggelar talkshow  dengan tema “Peran Komunitas Kreatif di Dalam Transformasi Ekonomi Bali” selasa (28/12) di kampus setempat. Talkshow yang dilaksanakan secara luring dan daring ini menghadirkan narasumber Staf Khusus Kementerian Koperasi dan UKM RI, Fiki Satari serta pengusaha, Ida Bagus Agung Gunarthawa.

Talkshow kali ini digelar karena perekonomian memiliki kedudukan yang penting dalam kehidupan manusia. Perkembangan dan pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu faktor penentu kesejahteraan hidup masyarakat. Sementara dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, perekonomian menjadi salah satu sektor yang mengalami kemerosotan akibat banyaknya aktivitas ekonomi yang menurun. Menyikapi kondisi yang terjadi saat ini, maka sangat diperlukan pembangunan ekonomi di segala bidang aktivitas ekonomi masyarakat untuk memulihkan kembali sektor perekonomian, meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat yang nantinya akan berdampak positif pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Ketua Panitia, I Wayan Kusuma Wijaya mengatakan, dalam menunjang bangkitnya kembali perekonomian masyarakat, maka kreativitas masyarakat dalam menciptakan produk maupun jasa bernilai ekonomis sangat perlu ditingkatkan. Kreativitas berkaitan dengan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi secara efisien untuk menciptakan barang atau jasa baru yang bernilai ekonomis. Kreativitas akan memunculkan inovasi yaitu kemampuan seseorang untuk memperbaharui hal-hal yang sudah ada. Menurutnya, sebagai makhluk sosial, masyarakat tidak mampu hidup tanpa orang lain, sehingga masyarakat akan cenderung hidup secara berkelompok. Dalam menyalurkan ide, gagasan, dan imajinasi kreatifnya, kesadaran masyarakat perlu ditingkatkan untuk berinisiatif membentuk suatu wadah yang bisa mereka jadikan tempat untuk menuangkan daya cipta mereka baik berupa ide, gagasan, dan pemikiran yaitu melalui pembentukan komunitas kreatif.

“Tujuan kegiatan ini adalah selain memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa mengenai pentingnya peran komunitas kreatif sebagai penggerak transformasi ekonomi dan bangkitnya perekonomian, khususnya bagi Provinsi Bali, juga agar mahasiswa dan tenaga pendidik diharapkan dapat berkontribusi positif serta memberi dukungan atas upaya transformasi ekonomi Bali melalui peningkatan peran komunitas kreatif dalam membantu pemulihan ekonomi masyarakat Bali,” ucapnya.

Baca Juga :  FEB Unud Raih Predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi di Lingkungan Kemendikbudristek

Rektor UNHI Denpasar, Prof Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S menyatakan apresiasinya kepada BEM Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata karena telah membuat kegiatan yang sangat relevan untuk saat ini.

“Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkena dampak akibat pandemi Covid-19 yang masih dirasakan hingga saat ini. Bali sendiri terkenal memiliki keragaman budaya yang unik serta kaya akan kearifan lokal yang diwarisi sejak dahulu. Hal inilah yang menjadi pendorong tumbuhnya Bali sebagai objek pariwisata bernuansa budaya yang terkenal hingga mancanegara serta menjadi salah satu daerah yang memiliki potensi tinggi untuk pengembangan industri kreatif,” pungkas Damriyasa. (kbh2)

 

 

Related Posts