October 27, 2024
Daerah Pariwisata Pendidikan

Bali Sommelier Association Gelar ‘The Perfect Pairing’, Edukasi Padukan Wine Dengan Makanan Lokal

Badung-kabarbalihits

Guna memperkenalkan minuman fermentasi anggur Wine di tengah masyarakat, Bali Sommelier Association (BSA) bekerjasama dengan Bali Sommelier Academy menggelar kegiatan bertajuk ‘The Perfect Pairing, You and Our Wine’ bertempat di Geo Coffee & Bar, Jalan Pengubengan Kauh, Kerobokan Kelod, Badung (19/12). 

Menurut Sekretaris Jendral BSA Melky Boleng, kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat umum maupun lulusan mahasiswa Pariwisata, bahwa Wine sangat cocok dipadukan dengan makanan lokal. 

Acara yang dihadiri puluhan orang dari Asosiasi Agency penempatan Kapal Pesiar, LPK Pariwisata, para GM hotel dan restoran, secara bergantian diberikan 5 gelas wine yang berkualitas sembari menikmati makanan lokal yang disediakan. 

“Minum makan bersama local food, misalnya Betutu, beberapa macam sosis, kaya urutan, itu sengaja dibuat begini untuk edukasi juga,” Ucapnya. 

Dimasa Pandemi ini, BSA telah berbuat sesuatu untuk menyemangatkan anggotanya, berkolaborasi dengan beberapa venue dan produk wine. Dimana nantinya kegiatan serupa akan dilaksanakan berkelanjutan dengan tema yang berbeda agar lebih memahami tentang wine. 

“Ini akan berlanjut, di venue berbeda dan tema yang berbeda,” Ujarnya. 

Sementara Training and Recruitment BSA Ida Bagus Mahendra Putra mengatakan, kegiatan ini merupakan terobosan dari Bali Sommelier Association untuk pembekalan dan penyegaran bagi PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang akan diberangkatkan. 

“Kita akan refresh dari segi ilmu wine, jadi mereka sudah siap balik ke industri. BSA akan tetap tiap bulan mengadakan di setiap property di Bali,” Jelasnya. 

Diharapkan dari ilmu yang diberikan mengkhusus tentang wine, para lulusan maupun PMI benar-benar siap bersaing dengan pekerja migran negara lain.

Bali Sommilier Academy Principal, I Wayan Mulyadi menambahkan, pelatihan pendidikan khusus tentang wine dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan di Bali Sommelier Academy yang bertempat di Atlantis International College jalan Kebo Iwa Utara, Denpasar. 

“Bagaimana proses penanaman anggur, pemetikan, pembuatan sampai packaging, cara menyajikan, cara membaca Wine daripada label dan bisa merekomendasikan kepada customer, dan makanan apa yang cocok dengam wine,” Katanya. 

Baca Juga :  Bersaing Secara Global, BSA Akan Membuka Bali Sommelier Academy

Dilanjutkan Bali Sommelier Academy mempunyai recruitment agent, dimana setelah lulus akan dikirim ke luar negeri sebagai sommelier.

“Dengan 5 juta anak didik sudah bisa mendapatkan sertifikat dari Atlantis dalam hal ini, dan penyalurannya dibantu PT. Timuraya Jaya Lestari ke kapal pesiar,” Bebernya. 

Tidak diragukan, pembimbing di Bali Sommelier Academy adalah sejati seorang Sommelier, tidak karena kursus menjadi mentor. (kbh1) 

Related Posts