October 23, 2024
Daerah

Hadiri Perayaan Natal Bersama Se Bali, Putu Parwata Gelorakan Semangat Toleransi Antar Agama

Badung-kabarbalihits

Ketua DPRD Badung, Putu Parwata, Jumat (10/12) menghadiri perayaan natal bersama  umat Kristen di Bali di Balai Budaya Giri Natha Mandala Puspem Badung. Ada hal yang menarik dalam perayaan natal tersebut, semua pejabat yang hadir meyerukan toleransi antar umat beragama di Bali yang sangat baik. Bahkan Putu Parwata kembali menegaskan slogan sagilik saguluk salunglung sabayantaka paras paros sarpanaya di Bali harus diwujudkan secara bersama-sama. 

Putu Parwata mengatakan, perayaan  natal ini selain itu mewujudkan kasih persaudaraan  juga dapat memupuk rasa persaudaraan semua umat di Bali untuk hidup saling berdampingan dengan penuh toleransi dengan slogan yang ada di Bali yaitu sagilik saguluk salunglung sabayantaka paras paros sarpanaya.

“ Slogan ini berarti bersatu padu, saling menghargai  pendapat orang lain dan saling mengingatkan, menyayangi dan hidup saling tolong menolong.  Dalam perayaan natal ini kita mengambil tema gereja yang menghargai adat agama dan budaya  dalam kasih persaudaraan . Tema ini sangat tepat jika kita hubungkan dengan situasi saat ini yakni rasa saling harga menghargai antar sesama perlu terus dipupuk sehingga tercipta kerukunan dan persatuan diantara kita terlebih dalam menghadapi tantangan global,”ujarnya.

Lebih lanjut politisi PDI Perjuangan asal Dalung ini juga berharap melalui perayaan natal ini semoga umat kristiani, gereja, pemerintah dan seluruh masyarakat Bali tetap semangat dengan penuh rasa kegotong royongan membangun bali di tengah pandemic covid-19 ini.

“Bangkitkan Bali bangkit bersatu tetap dalam bingkai kebersamaan dalam menghargai nilai-nilai adat dan budaya  yang telah menjadi nafas kehidupan di masyarakat Bali,”paparnya.

Sementara Gubernur Koster mengatakan, Bali selalu dilihat oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia  yang menjadi suatu pulau yang harmoni yang penuh dengan toleransi meski memiliki perbedaan dari segi keagamaan.

Baca Juga :  Ketua DPRD Badung Terima Audiensi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Bali, Parwata Nyatakan Dukungan Penuh

“momentum covid-19 harus kita jadikan untuk mulat sarira. Satu kesempatan baik untuk menilik berbagai pandangan dan jalan kehidupan  kita yang panjang ini. Pandemi covid-19 jangan kita pandang sebagai kesulitan kita dalam kehidupan, namun ini adalah suatu kesempatan baik dalam melakukan evaluasi seluruh aspek kehidupan kita untuk menuju kesempurnaan,’’terangnya.

Koster juga mengaku bangga saat perayaan natal ini semua mentaati prokes. “Saya bangga semua yang hadir di gedung yang megah ini para jemaan semua tertib melaksanakan protokol kesehatan sehingga kita aman semua dan saya yakin semuanya sudah vaksin dosis II. Dan bahkan sudah ikut swab antigen sebelum masuk gedung ini, jadi kita aman dan nyaman semuanya. Bapak Presiden sudah terus memberikan anjuran agar kita tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan karena pandemic belum berakhir. Ketika kita sudah melakukan pengendalian dengan baik , kini muncul lagi varian baru omicron yang sedang diamati pemerintah pusat,”paparnya. (kbh6)

Related Posts