October 14, 2024
Pariwisata

Desa Wisata Academy Gelar Pelatihan Konsultan Desa Wisata Nasional 2021

Gianyar-kabarbalihits

Desa Wisata Academy di bawah Yayasan Desa Wisata Nusantara (Dewisnu Foundation) menggelar  Pelatihan Konsultan Desa Wisata Nasional 2021. Pelatihan  yang sudah menginjak angkatan ke -IX ini dibuka langsung  Suherman selaku penggerak swadaya masyarakat ahli madya pemerintahan desa BPPMD Denpasar Kemendesa, bertempat  di Men Jolin Balimoon Warung, Gianyar, senin (6/12).

Secara khusus, pelatihan konsultan Desa Wisata Nasional 2021 dilaksanakan oleh Lembaga Pelatihan Vokasi Desa Wisata Academy (DEWA) yang berada dibawah Yayasan Desa Wisata Nusantara. Selain perwakilan BPPMD Denpasar Kemendesa, PDT dan Transmigrasi Republik Indonesia, hadir pula dalam pembukaan kegiatan rutin tersebut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar,A.A Gede Putrawan, S.Sos.,M.Si , perwakilan kepala Desa Kemenuh, Ketua Pokdarwis Desa Wisata Kemenuh, Mangku Kandia selaku ketua umum Dewisnu Foundation dan Direktur Desa Wisata Academy serta mentor yang memberikan pelatihan.

Program ini adalah salah satu dari tujuh program yang menjadi fokus kegiatan Dewisnu Foundation, yaitu peningkatan kapasitas SDM Desa Wisata. Sementara peserta yang mengikuti pelatihan ini berasal dari beberapa daerah di Indonesia, seperti Ivan Kansil dari Desa Karang Balik, Tarakan Barat, Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara , sekaligus Kepala Dewisnu Provinsi Kaltara Dan Kordinator Wilayah Dewisnu Se Provinsi Pulau Kalimantan. Surya Mulyadi, Dari Desa Situjuah Gadang, Kecamatan Situjuah Limo Negari, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, sekaligus Sekretaris Dewisnu Provinsi Sumatera Barat. M.Ger Selaku Kepala Desa Gurun, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Ahmad Umar Al Faroq Dari Desa Sandai Kiri, Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Haraman Susandi Dari Desa Sandai Kiri Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Uj Hamdani Selaku  Kepala Desa Seriam Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat, Halim Perdana Dari Desa Sehiam, Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat. Hasubuna, selaku Kepala Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang Provinsi  Kalimantan Barat. Harjono Dari Desa Kendawangan Kiri, Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang Prov Kalimantan Barat, Ika Puteri Lw, Dari Desa Citeureup Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, Agustina Ifana A. Kandenafa Dari Desa Mandala Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura Provinsi Papua, Serta Sopia Melisa Serontou Dari Desa Tablasupa, Kecamatan Depapre, Kabupaten Jayapura Provinsi Papua.

Mangku Kandia mengatakan, semangat para peserta pelatihan ini sangat luar biasa, bahkan rela dari jauh dan menanggung biaya dalam mengikuti Pelatihan Konsultan Desa Wisata Nasional 2021.

Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Madya Pemerintahan Desa bppmd Denpasar Kemendesa, Suherman mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu kerjasama dengan Dewisnu Foundation, sehingga diharapkan Desa Wisata di Bali, ntb dan ntt terbangunh dengan baik dan benar.

“Sehingga bisa memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat dalam hal kesejahteraannya,” ucapnya.

Baca Juga :  Jurusan Akuntansi PNB Gelar Pengabdian Masyarakat di SMK Negeri 1 Mas Ubud

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, Anak Agung Gede Putrawan berharap, melalui Pelatihan Konsultan Desa Wisata Nasional 2021 mampu menjadikan Desa Wisata sebagai pilihan didalam berwisata yang terhubung dalam daya tarik, atraksi, akomodasi, dan kuliner.

“Sehingga dengan kata lain dengan Desa Wisata adalah one stop berwisata,” Gung Putrawan.

Pelatihan Konsultan Desa Wisata Nasional akan berlangsung dari tanggal 5-11 desember 2021. (kbh2)

Related Posts