October 13, 2024
Sosial

Memperingati HUT RI ke-76, Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan Membuat Eco Enzyme dari 45 Bahan Organik

Denpasar – kabarbalihits

Memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76, Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan bersama Komunitas Eco Enzyme Nusantara membuat eco enzyme, sebagai sebuah solusi dalam masa pandemi, sekaligus solusi merawat lingkungan, Minggu (17/8).

Eco Enzyme adalah cairan fermentasi yang terbuat dari gula, sisa kulit buah dan sayur, serta air. Ketiga unsur tersebut difermentasi dalam wadah yang kedap udara selama 3 bulan. Eco Enzyme bermanfaat untuk mengurangi gas metana yang mengurangi pemanasan global. Selain itu, Eco Enzyme juga berguna untuk membersihkan udara, menjernihkan air yang terkontaminasi, memperbaiki struktur tanah yang rusak, serta untuk kesehatan manusia.

Ketua umum Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan, Ketut Udi Prayudi mengatakan eco enzyme yang dibuat dalam rangka peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini sangat spesial, karena melibatkan 17 organisasi mahasiswa dan pemuda, 8 gentong eco enzyme, serta 45 jenis bahan organik, sesuai tanggal proklamasi.

Waktu pembuatan eco enzym kali ini juga dipilih khusus dimulai tepat pada pukul 17.08.45, sebagai bentuk peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Panennya pun akan dilaksanakan setahun lagi saat peringatan HUT Republik Indonesia yang ke-77.

Para mahasiswa dan pemuda yang membuat eco enzym, secara khusus mengenakan berbagai jenis ikat kepala dari berbagai daerah di Indonesia. Ikat kepala tersebut merupakan koleksi dari Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan.

“Mencirikan bahwa kita ini walaupun beragam, tapi kita adalah saudara. Ini kita ingin cerminkan dalam kegiatan hari ini, sehingga mencirikan nusantara”, kata Udi Prayudi.

“Komitmen anak-anak muda kita sangat tinggi untuk merawat bumi. Dalam kegiatan lain, kita juga ingin mengenalkan apa itu eco enzyme kepada anak-anak muda”, tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Komunitas Eco Enzyme Nusantara, Joko Ryanto menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan. “Kegiatan ini sangat positif dan penuh makna. Harapan kami setiap daerah bisa mengikuti langkah-langkah seperti ini, bisa mengajak semua kalangan berkontribusi dalam membuat eco enzyme”, jelasnya.

Baca Juga :  BRI Berikan Dukungan Pendidikan kepada 119 Putra/ Putri Anggota Polda Bali

Pembuatan eco enzyme adalah salah satu dari beberapa kegiatan dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, yang diberi nama Festival Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan, atau disingkat Festival Rumah Kakek. Selain membuat eco enzyme, dalam Festival ini juga dilaksanakan kegiatan doa bersama, menonton film perjuangan secara virtual, serta lapak baca. (kbh7)

Related Posts