October 14, 2024
Politik Sosial

Fasilitasi Bimtek Petani dan Penyuluh, Gus Adhi Dorong Wujudkan “Vila Ternak” Sambut Era Baru di Karangasem

Karangasem- kabarbalihits

Setelah sebelumnya dilaksanakan di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh di Provinsi Bali yang difasilitasi Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra dilanjutkan di Kabupaten Karangasem. Bimtek yang berlangsung sehari tersebut diselenggarakan di Taman Surgawi Resort & Spa ,Senin 22 maret 2021.

Dengan materi Pengembangan Peternakan untuk mendukung Pertanian yang sehat dan menciptakan kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat Ternak Sapi.

Melalui Bimtek ini, diharapkan peserta yang terdiri dari 50 orang  petani dan 10 orang penyuluh pertanian tersebut menjadi terampil mengembangkan peternakan khusunya di Kabupaten Karangasem ini sehingga menjadi petani yang sehat dan meningkatkan kesejahteraannya.

Bimtek Juga dihadiri Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan Ir. Sumadi Noor,  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten karangasem Wayan Supandhi, Kepala Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Denpasar Ir. Junaida, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali Drh. I Made Rai Yasa, MP serta Sejumlah Anggota Fraksi Partai Golkar  DPRD Kabupaten Karangasem diantaranya Nyoman Musna Antara, Nyoman Sumadi serta Komang Mustika.

Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan Ir. Sumadi Noor dalam sambutannya Bimtek ini merupakan hasil MOU Kementerian Pertanian RI dengan Komisi IV DPR RI.

“Bimtek ini selalu difokuskan kepada masyarakat petani pada khusunya.Sehingga peserta ini bisa mengimplementasikan ilmunya untuk maju, mandiri dan modern, dan apabila nanti sukses ini akan menjadi petani pengusaha,”ujarnya

Seusai membuka Bimtek Anggota Komisi IV DPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) menyampaikan pihaknya meyakini Bimtek Peningkatan Petani dan Penyuluh Pertanian di Kabupaten Karangasem ini bilamana dengan sungguh-sungguh oleh peserta akan menghasilkan peternakan yang bagus, yang baik, yang benar sehingga banyak hal yang dapat dilakukan di Kabupaten Karangasem.

“Salah satunya dari hulu sampai hilir adalah bagaimana menyiapkan pakan ternak yang benar, bagaimana kita menghasilkan pakan yang baik untuk ternak kita, melalui produksi sendiri dapat dilakukan,”tuturnya.

Pemeliaharaan ternak yang baik lanjut Gus Adhi sapaan akrab Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra, juga telah diwujudkan melalui bantuan Pusat kesehatan Hewan (Puskeswan) yang telah diberikan oleh  pihaknya sebelumnya kepada Kabupaten Karangasem secara maksimal sehingga peternak dapat memelihara ternaknya dengan baik. Politisi santun asal Jero Kawan Kerobokan Badung ini juga mengatakan dalam Bimtek ini para peternak akan mendapatkan pelatihan yang baik dan benar bagaimana peternak menjadi penghasil pupuk organik melalui pengolahan kotoran ternak dengan fermentasi.

‘Gus Adhi juga menyarankan Pemkab Karangasem agar segera memberdayakan Bumdesnya untuk membentuk “Villa ternak” sehingga betul-betul kesehatan, keamanan dan harga dari ternak itu dapat dimaksimalkan.

“Saya berkeinginan, mudah-mudahan dengan karangasem menyambut era baru ini dengan Bupati yang baru bisa menjadikan Karangasem  sebagai Kabupaten penghasil populasi Sapi Bali terbanyak, bisa mencapai 200 ribu ekor”jelasnya.

Hal tersebut dilakukan kata Gus adhi karena pasar Sapi sangat terbuka yaitu dagingnya. Sehingga bila perlu dengan konsep One Vilage One Produk mungkin juga dihasilkan Rumah Potong Hewan yang sesuai dengan konsep dari pertanian yaitu maju, mandiri dan modern.

“Ini harus dilakukan karena Bali merupakan daerah kunjungan wisatawan.Jadi bagaimana memotong Sapi yang sehat sehingga menghasilkan daging yang baik,maupun olahan unggulan yang dihasilkan oleh Kabupaten Karangasem khususnya dan Bali pada umumnya,”tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten karangasem Wayan supandhi selain menyatakan terima kasihnya kepada Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Golkar, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra yang telah memfasilitasi Bimtek ini juga menyampaikan populasi Sapi di Kabupaten Karangasem sebanyak 124 ribu ekor tersebar hampir disemua kecamatan dan terbanyak berada di Kecamatan Rendang yakni di Desa Pempatan.

Baca Juga :  Dewan Badung Finalisasi Ranperda Dana Stimulus Untuk Korban Bencana

“Betul kami mendapatkan bantun Mobil semacam Lab untuk kesehatan Hewan. Kami berterima kasih kepada Bapak Gus Adhi yang telah menyelenggarakan Bimtek yang sangat sejalan dengan program strategis yaitu program kualitas SDM Pertanian,”ujarnya.

Pada Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan penyuluh tersebut juga diserahkan ratusan bibit tanaman Indigovera yang merupakan tanaman pakan ternak yang mengandung protein tinggi untuk menunjang kesehatan dan mempercepat pertumbuahan hewan ternak.(kbh6) 

 

Related Posts