March 5, 2021
Pendidikan

Kreatif, Usir Rasa Jenuh Siswa SDN 7 Benoa Buat Animasi Edukasi

Badung – kabarbalihits

Pandemi Covid-19 saat ini membuat orang menjadi lebih kreatif untuk melakukan sesuatu, terlebih rasa jenuh muncul pada anak-anak karena proses pembelajaran secara tatap muka belum aktif, yang dapat berdampak pada kepribadian pada anak itu sendiri.  

Untuk menyiasati kejenuhan selama pembelajaran secara daring, tentu dibutuhkan kreatifitas dari anak maupun orangtua selama di rumah. Tidak hanya bermain game, menonton tv, maupun bermain Handphone (HP), namun berbagai hal kreatif bisa dilakukan. Seperti yang dilakukan salah seorang Siswa kelas VI SD Negeri 7 Benoa, Kuta Selatan, Badung, bernama Putu Akalanka Putra Karnaedi.

Di tengah kejenuhan pembelajaran secara daring, akibat pandemi Covid-19 berkepanjangan belum berakhir, siswa kelahiran 28 Agustus 2009 ini justru memanfaatkan sosial media dan gawai yang sering digunakan pembelajaran daring, untuk membuat animasi sederhana. Dari sebagian besar animasi yang dibuatnya, semua mengandung unsur edukasi. Baik itu terkait protokol kesehatan selama pandemi Covid-19, sampai edukasi dalam kehidupan sehari-hari. Ini tentu bisa menjadi contoh untuk menghilangkan kejenuhan anak selama di rumah.

Menurut siswa yang sering dipanggil Alan Putra ini, dirinya belajar membuat animasi dari tutorial yang ditontonnya melalui channel youtube. Disana, ia banyak belajar terkait teknik membuat animasi sederhana yang tentu juga untuk mengisi waktu luang selama di rumah.

“Saya banyak belajar dari tutorial di Youtube. Memang animasi yang saya buat masih sederhana, namun saya ingin menunjukkan dan menyampaikan pesan edukasi dalam animasi yang saya buat,” Ucapnya, beberapa waktu lalu.

Ditemui di kediamannya di kawasan Jimbaran, Badung, Alan Putra yang memiliki cita-cita sebagai animator ini, ingin terus menekuni dunia animasi. Bahkan dirinya mempunyai mimpi untuk bisa belajar sampai ke negeri matahari terbit atau negara Jepang. Karena seperti diketahui, di Jepang, industri animasi sangat berkembang bagus.

Lebih lanjut Alan Putra menyebutkan, selama pembuatan animasi, dirinya dibantu Ibu dan adik nya dalam pengisian suara. Saat ini, dirinya masih belajar secara otodidak. Kedepan dirinya ingin terus melatih teknik menggambar, sehingga karakter animasi yang dibuat bisa lebih bagus dan halus. “Saat ini saya masih belajar otodidak. Pengen sih belajar sama orang yang sudah ahli dibidangnya. Tapi sekarang masih dalam suasana pandemic” Katanya.

Baca Juga :  "New Normal", MSP PPS Unwar cetak SDM yang mampu kuatkan pertanian

Dalam pembuatan animasi, saat ini dirinya hanya mengandalkan perangkat gawai. Namun untuk meningkatkan kemampuan dalam membuat animasi, dirinya sudah mulai belajar melalui PC.

“Untuk animasi yang saya buat, semua berisi edukasi dan kehidupan sehari-hari. Semoga animasi yang saya buat bisa menghibur dan bermanfaat,” Harapnya.

Untuk bisa melihat karya karya animasi yang sudah dibuat, bisa dilihat melalui akun instagram @alan_putra_k atau melalui channel Youtube : alan kece09. (kbh1)

Related Posts