October 14, 2024
Lifestyle

Pecinta Tanaman?? Waspadai Jamur Di Musim Hujan

Klungkung-kabarbalihits

Musim hujan seperti sekarang ini memang menjadikan para petani dan masyarakat pecinta tanaman diuntungkan, karena tanaman tidak akan kekurangan air. Namun jangan salah, berbagai kendala akan dihadapi pecinta tanaman di musim hujan saat ini. Utamanya bagi para pecinta tanaman pemula sudah sewajarnya memperhatikan tanamannya agar tidak rusak bahkan mati.

Menurut salah seorang praktisi tanaman, Cokorda Gede Darma putra Pemayun, S.Si, kendala yang pasti dihadapi adalah munculnya jamur yang akan tumbuh banyak dan sangat memungkinkan menjadi penyebab matinya tanaman. 

“Nah itulah kelemahannya di musim penghujan ini,” ucapnya.

Sehingga menurutnya solusi yang terbaik adalah tanaman harus diberikan media yang sangat baik. Jika ditanam sebelum musim hujan disiasati dengan mencampur media tanam dengan anti jamur. 

Sementara bagi para petani, utamanya petani cabai pada saat musim hujan inilah menjadi suatu tantangan berat karena dipastikan di dalam media tanamnya akan muncul jamur pusarium. Tak pelak banyak petani cabai yang mengalami gagal panen di musim hujan. 

“Cepat perkembangannya apalagi di musim hujan seperti sekarang ini. Jadi dengan kondisi lembab dia kan cepat sekali berkembang, sehingga akan cepat rontok dia,” imbuhnya.

Baca Juga :  Gelar Bazaar, Alam Kulkul Boutique Resort Kenalkan Tampilan Baru

Solusi bagi para petani menurut pengusaha pupuk yang berlokasi di Desa Nyalian, Banjarangkan, Klungkung ini memang membutuhkan pengeluaran lebih bagi para petani. Menurutnya bisa disiasati dengan membangun Green House, sehingga tanaman tidak tersiram air hujan langsung. 

Sementara ciri-ciri tanaman terganggu hama jamur tersebut adalah layunya daun semakin hari dan akhirnya tanaman mati. (kbh2)

Related Posts