October 26, 2024
Kesehatan

Sebanyak 15 Nakes Di Puskesmas I Denpasar Barat Divaksin

Denpasar-kabarbalihits

Meski secara simbolis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Denpasar baru dimulai Jumat (15/01), Puskesmas I Denpasar Barat pada hari ini, Kamis (14/01), sudah membuka pelayanan vaksinasi bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) yang sudah mendapatkan konfirmasi melalui pesan singkat atau aplikasi Peduli Lindungi.

Menurut dokter penanggung jawab Puskesmas I Denpasar Barat, dr. Wita Ariani saat ditemui di sela-sela pelaksanaan vaksinasi, untuk Puskesmas I Denpasar Barat hanya membuka 1 sesi dalam seharinya, dimana dalam 1 sesinya nakes yang divaksinasi sebanyak 15 orang.

“Hari ini 15 nakes untuk 1 sesi. Instansi mereka darimana saja yang penting saat pendaftaran faskes dia memilih Puskesmas I Denbar,” ungkapnya.

Ditambahkannya adapun mekanisme pelaksanaan vaksinasi yakni nakes yang datang menunggu sesuai nomor antrian. Kemudian setelah dipanggil, diperiksa suhu tubuhnya lalu menunjukkan bukti SMS dan juga KTP.

Setelah itu, yang bersangkutan diperiksa kondisinya seperti tensi, berat badan dan ditanya mengenai riwayat penyakit. Setelah semua tanpa masalah, barulah nakes tersebut divaksin di ruangan khusus.

“Sedangkan untuk dosisnya setiap orang takarannya setengah CC. Setelah divaksin, nakes tersebut dapat menunggu untuk menanti hasil dari dokter. Kalau tidak ada gejala setelah divaksin, dipersilahkan pulang,” jelasnya.

Terkait pelayanan vaksinasi di puskesmas tersebut, pihaknya mengaku buka setiap hari kerja, dimana pada hari Senin hingga Kamis, pelayanan vaksinasi dimulai pada pukul 11.00 – 13.00 WITA, sedangkan hari Jumat dan Sabtu dimulai pukul 10.00 – 12.00 WITA.

“Tergantung pelayanannya setiap puskesmas kan beda-beda. Karena Jumat dan Sabtu hari pendek jadi waktu pelayanannya lebih singkat,” katanya.

Baca Juga :  Sampai Hari keenam PPKM di Tabanan, Tim Yustisi Denda 45 Pelanggar

Seperti diketahui vaksinisasi serentak di Kota Denpasar digelar pada Jumat (15/1), namun pada Kamis sudah dilaksanakan, mengingat penerima vaksin sudah menerima konfirmasi jauh hari sebelumnya. Meski mengawali, namun proses vaksinisasi di Puskesmas 1 Denpasar Barat tersebut tidak mengalami kendala mengingat sudah melakukan simulasi sebelumnya.(kbh4)

Related Posts