October 27, 2024
Daerah

Sesepuh Masjid Al Hijriyah Kerobokan Ajak Jamaah Komit Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama

Badung – kabarbalihits

Kerukunan dan toleransi antar umat beragama yang telah terjalin baik di Provinsi Bali dan Kabupaten Badung hendaknya terus dijaga.

Komitmen tersebut disampaikan Sesepuh Masjid Al Hijriyah Muding Sari Kelurahan Kerobokan Kuta Utara,H.M. Abdul Hanan alias H.M Syukron , yang ditemui dikediamannya,Senin(30/11).

“Kami sangat berharap kerukunan antar umat bergama ini dapat terus kita jaga,”tuturnya

Lebih jauh H.M. Abdul Hanan alias H.M Syukron menjelaskan dirinya bersama pengurus Masjid Al Hijriyah senantiasa menerapkan kebersamaan dan toleransi sehingga kerukunan antar umat beragama di lingkungan masjid dapat terwujud.

“Semenjak Masjid Al Hijriyah dibangun tahun 1989,tanahnya kami beli dari Legian Tengah A.A Ketut Mulyani tahun 1985,kami sangat dekat dan guyup(rukun) dengan warga sekitar Masjid yang mayoritas beragama Hindu,”beber penasihat GP Ansor Wilayah Kecamatan Kuta Utara sembari mencontohkan dalam setiap kegiatan keagamaan di Masjid, para Pengurus tetap melibatkan Pengamanan swakarsa yang terdiri dari Anggota GP Ansor,Banser dan Pecalang setempat.

Masjid Al Hijriyah dengan 750 Jamaah juga aktif dalam penyelenggaraan Dakwah Islam / Tablig Akbar bagi jamaah, serta pengajian rutin, Sholat Jumat, pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf.

“Dalam Dakwah, kami juga terus mengingatkan agar Jamaah  tidak mudah percaya dengan berita bohong(Hoak)yang marak terjadi di Media sosial,” terang H.M. Abdul Hanan alias H.M Syukron yang juga seorang Khatib.

Khusus menjelang perhelatan politik lima tahunan yakni Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Badung 9 Desember mendatang H.M Syukron menyatakan telah ikut mensosialisasikan kepada Jamaah agar datang ke TPS untuk melaksanakan hak pilihya sesuai dengan prokes penangggulangan covid -19 yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Kami bersama pengurus sudah bersosialisasi kepada warga untuk bisa memberikan hak pilihnya pada tgl  9 Desember 2020, untuk membantu KPU Badung dalam mencapai target partisipasi pemilih 85 persen,”tegasnya.

 

Baca Juga :  Monitoring Seleksi PPPK, Sekda Suyasa Harapkan Peserta Ikuti Mekanisme Yang Berlaku

 

Saat iniH.M. Abdul Hanan alias H.M Syukron juga aktif sebagai Tak’mir Masjid Al Hijriyah.

H.M. Abdul Hanan alias H.M Syukron merupakan Warga Pendatang Muslim berasal dari Banyuwangi yang telah menetap puluhan tahun di Muding Sari Kelurahan Kerobokan Kaja

Selain menggeluti usaha yakni sate kambing di saat Hari Raya Islam, sosok murah senyum ini juga menerima pemesanan pembuatan alat musik agamis Hadrah/Rebana sebagai pengiring Sholawat di Masjid Al Hijriyah dan Masjid di Denpasar,Badung dan sekitarnya. (kbh1)

Related Posts