October 26, 2024
Kuliner

“Waroeng Dadakan”, Hasil Kreatifitas Anak Ashram Gandi Puri Saat Pandemi

Denpasar-kabarbalihits

Masa pandemi Covid 19 tidak menyurutkan gerak dan kreativitas anak muda untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat. Seperti anak-anak yang berada di Ashram Gandhi Puri. Dengan kreativitas yang dimiliki, atas bimbingan sang pengasuh Ashram Gandhi Puri, Ida Rsi Putra Manuaba, anak-anak ashram mampu menerapkan jiwa wirausaha yakni menjual sayur-sayuran, dengan membuka stand yang diberi nama “Waroeng Dadakan”. Sayur mayur ini merupakan hasil dari keluarga warga Ashram Gandhi Puri yang saat ini terdampak pandemi Covid 19.

[ ]

Direktur Ashram Gandhi Puri,  Wayan Sari Dika, M.I.Kom, mengatakan, Waroeng Dadakan berada di Ashram Gandhi Puri Denpasar. Di tempat ini warga ashram menjual sayur karena dampak dari pandemi Covid 19.

“Sebagian besar dari anak-anak Ashram Gandhi Puri ini sebelumnya bergerak di bidang pariwisata, yakni seperti sebelumnya masih training di hotel yang saat ini harus di rumah, maka untuk mensiasati tidak hanya diam, inovasi dalam menjual sayur ini pun dibuat sedemikian rupa”, jelasnya.

Jenis sayuran seperti kol, terong, mentimun, dan lainnya didatangkan langsung dari Desa Rendang, Karangasem. Sari Dika menjelaskan, semua sayuran ini murni memang hasil dari pertanian keluarga warga ashram yang berada di Rendang. Sehingga tidak hanya bermanfaat bagi warga ashram, namun juga mampu menjadi solusi atas keterpurukan para petani yang ada di Rendang. Selain itu di Ashram Gandhi Puri juga telah dibuat kebun sayuran yang khusus dibuat untuk konsumsi warga ashram sendiri.

“Inovasi yang dilakukan adalah dengan membuat paket sayuran dengan harga mulai dari Rp. 30 ribu sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk membelinya. Selama ini pembeli sebagian besar dilakukan dengan sistem online dan COD”, imbuh Dika.

Baca Juga :  4 Sekolah Di Buleleng Ditetapkan Sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Tahun 2022

Tidak tanggung-tanggung, paket sayuran ini dipesan dengan jumlah banyak yakni dari 10 paket bahkan hingga 150 paket sayuran.

Sementara itu, Pengasuh Ashram Gandhi Puri, Ida Rsi Putra Manuaba mengatakan, kegiatan positif ini merupakan langkah untuk mendidik anak ashram tidak terjerumus dalam kegiatan yang negatif. Lebih penting lagi di saat pandemi Covid 19, kreativitas dan inovasi anak muda untuk mengembangkan diri berwirausaha mampu diterapkan oleh anak anak di Ashram Gandhi Puri.

“Anak muda di masa pandemi ini harus bisa memanfaatkan sosial media untuk hal yang positif dan bermanfaat”, ucap Ida Rsi Putra Manuaba. (Kbh2)

Related Posts