February 28, 2024
Pariwisata

Kurangi Gadget, Kenalkan Anak – Anak Wisata Edukasi

Buleleng-kabarbalihits

Tak bisa dipungkiri, teknologi terbukti dapat mempengaruhi kehidupan sosial. Perubahan tersebut juga berdampak kepada anak-anak yang telah mengenal gadget. Terlebih segala sesuatu dimudahkan dengan mesin pencarian. Sehingga pengetahuan hanya diketahui melalui foto maupun video. Untuk mengurangi dampak tersebut, anak-anak wajib dikenalkan dengan alam lingkungan sekitar.

Seperti di Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak Buleleng, terdapat tempat rekreasi yang memberikan edukasi kepada anak usia dini untuk memperkenalkan berbagai jenis tanaman buah, bernama Buana Ecofarm. I Made Sudana, Manager Operasional Buana Ecofarm menjelaskan, tempat rekreasi ini didirikan untuk memberikan edukasi kepada siswa TK maupun SD tentang tumbuhan khususnya tanaman buah.

“Tempat rekreasi sekaligus tempat dimana disini ditanam berbagai macam tanaman biah organik. Seperti ada jambu kristal, buah naga, jeruk, durian, jambu jamaica, nangka, dan juga sirsak, klengkeng, kedondong, jadi kita menanam banyak jenis tanaman buah disini, dengan tujuan untuk mengedukasi anak anak” Jelasnya.

Sudana menilai, dijaman digital seperti saat ini anak anak kebanyakan hanya bisa melihat pada gambar saja ataupun televisi.

“Jadi ini tujuan tempat wisata ini adalah untuk memperkenalkan kepada anak anak khususnya, anak TK dan SD. Jadi mereka biar tahu secara nyata jenis jenis tumbuhan atau jenis tanaman buah khususnya yang kita sediakan disini” Jelasnya.

Dikatakan lokasi ini nyaman dan jauh dari keramaian untuk berekreasi bagi keluarga pada akhir pekan.

“Keluarga berkumpul yang bisa gunakan hari sabtu atau minggu, weekend itu mereka bisa mengunjungi tempat ini karena lokasinya sangat jauh dari keramaian. Ini sangat bagus untuk keluarga bersantai” Katanya.

Disampaikan juga, bagi pengunjung yang mempunyai hobi memancing ditawarkan kolam pancing untuk bersantai.

Baca Juga :  Menakjubkan, Ribuan Kelelawar Penghisap Darah Nyaman di Goa Pantai Kelating

 “Kita menyediakan kolam pancing, kita ada jenis ikan nila, gurame, kafer, yang bisa dipancing disini. Selain mereka berekreasi mereka juga meneruskan hobi mereka memancing. Ikan hasil tangkapan mereka bisa mereka bawa pulang atau mereka masak disini” Ujarnya.

Dengan konsep alam, pihaknya menargetkan kunjungan bagi anak anak, dan remaja yang nantinya lokasi bisa digunakan untuk swafoto.

“Selain untuk selfie, jadi pasangan yang mau menikah juga bisa melakukan kegiatan foto preweding disini. Disini sangat baik tempatnya selain konsepnya alam, kita juga ada penginapan dengan konsep joglo yang mereka bisa manfaatkan tempatnya untuk melakukan sesi prawed” Imbuhnya.

Diakui, pada situasi pandemi kunjungan ke Buana Ecofarm sangat merugikan pihaknya, karena jauh dari harapan.

“Tamu yang berkunjung kesini sangat sangat jauh dari yang kita harapkan. Tetapi di masa pandemi ini kita berbenah, membenahi apa apa yang perlu kita tingkatkan lagi kedepan. Sehingga setelah pandemi berakhir, kita berharap kunjungan wisatawan bisa kembali normal lagi” Katanya.

Selain memberikan edukasi tanaman buah, tempat ini juga memperkenalkan kepada pengunjung beberapa hewan jenis unggas dan reptil.(kbh 1)

Related Posts