May 29, 2024
Daerah Pariwisata

Menuju New Normal, Akomodasi Guest House di Nyuh Kuning Ubud Mulai Berbenah

Gianyar – kabarbalihits

Di Bali khususnya menuju ke Tatanan Baru  di tengah Pandemi Covid-19 sangat dinanti oleh seluruh lini, terlebih pada sektor pariwisata.

Persiapan pun sudah mulai dilakukan oleh beberapa Guest House atau penginapan yang merupakan Fasilitas Akomodasi milik perorangan di wilayah Desa Nyuh Kuning Ubud, Gianyar. 

 

 

Seperti yang dikatakan oleh salah satu pelaku pariwisata, Eka Yuliani yang juga pemilik Damar Manah Guest House. Sebelum masa pandemi Covid-19, Fasilitas 12 kamar yang dimiliki, diakui terisi penuh.

Namun Sejak awal bulan maret lalu, terjadi penurunan sangat signifikan. Sehingga pihaknya merasa kesulitan untuk menanggung biaya operasional dan menggaji karyawannya. 

“Dari maret kemarin tingkat hunian paling sulit, jadi nol. Tidak ada tamu sama sekali, dan itu berdampak pada income. Dan kami harus tetap membayar tenaga, tukang bersih bersih, tukang kebun dan biaya operasional lainnya seperti listrik, air dan lain lain” Jelasnya. 

Untuk mengurangi beban yang ditanggung, Eka berusaha mencari keringanan penundaan pembayaran angsuran pokok pada Bank dengan kurun waktu yang disesuaikan. 

“Kita mencoba, karena masih ada pinjaman. Memulai usaha ini dari nol, Jadi kita belum bisa melunasi pembayaran dari bank, jadi hanya bisa dibayarkan bunga saja” Bebernya. 

Disampaikan juga, pihaknya telah melakukan persiapan Menuju Tatanan baru yang segera akan diberlakukan di Bali. Sesuai himbauan Pemerintah dengan protokol kesehatan yang diberikan. 

“Kita mencoba baik untuk karyawan sendiri, yang pastinya disenfektan ke seluruh ruangan, kemudian menyediakan hand sanitizer, dan memastikan pegawai kita juga memakai masker, face shield, dan selop tangan, pencegahan dari penularan Covid 19” Imbuhnya. 

Ditambahkan, wilayah di Desa Nyuh Kuning sebagian besar berkecimpung pada dunia pariwisata, memiliki penginapan yang saat ini sepi hunian. Pihaknya berharap, pandemi ini cepat berlalu dan keseluruhan situasi ekonomi segera membaik. (kbh1) 

Related Posts