April 16, 2024
Daerah Ekonomi Sosial

Nelayan Terdampak Pandemi Covid -19, DPD HNSI Bali Harapkan Bantuan Pemerintah

Denpasar – kabarbalihits

 

Kepedulian Pemerintah sangat diharapkan ditengah Pandemi Covid -19 yang Berdampak terhadap semua Sektor dan lapisan Masyarakat, tak terkecuali Bendega (Nelayan). Namun apa yang terjadi, saat Pandemi Covid-19 para Bendega hingga saat ini belum tersentuh bantuan, padahal tak dapat dipungkiri setiap hajatan politik Bendega selalu menjadi obyek oknum politikus lengkap dengan Jargon -Jargon akan mengangkat taraf hidup Nelayan.

Hal tersebut disampaikan langsung Kabiro UKM Produksi dan Pemasaran Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPD HNSI) Provinsi Bali, I Wayan Sugita ,SE.,M.Agb. seusai penyerahan Bantuan ribuan Masker kepada Krama Bendega yang ada di Wilayah Kabupaten dan Kota se-Bali, Sabtu (2/5). Adapun Bantuan masker tersebut diperuntukan bagi krama Bendega yang ada di Kabupaten Kota se-Bali. Diantaranya Canggu, Jimbaran, Kuta, Serangan dan Seraya Karangasem. “Saya melihat langsung kondisi Krama Bendega, memang benar mereka belum tersentuh Bantuan Sembako dari Pemerintah”. Ujar Wayan Sugita yang juga Manager Koperasi Konsumen Sedana Giri Ayung Sempidi.

Mantan Ketua PAC Partai Gerindra Kuta Selatan ini juga mengatakan tak dipungkiri Krama Bendega setiap hajatan politik selalu menjadi Obyek lengkap dengan Jargon yang disampaikan oknum politikus bahwa akan memperhatikan kehidupan Krama Bendega(Nelayan). “Kita tahu setiap Pemilu atau Pilkada Nelayan selalu  menjadi korban janji-janji manis Politikus”. Beber Wayan Sugita sembari mengatakan Bantuan Sembako dapat dialokasikan Pemerintah melalui Dana Penanggulangan Bencana.

Meski mengakui sebagian Nelayan masih melaut, namun hasil yang didapat para nelayan, menurut Sugita tidak cukup untuk membeli kebutuhan sehari -hari. “Hasil tangkapan juga tak menentu, terkadang hanya cukup untuk lauk pauk keluarga”. Tutup Wayan Sugita yang juga seorang Putra Nelayan di Desa Pecatu Kuta Selatan. (fit)

Related Posts