December 8, 2023
Opini

“Pesan Verbal dan Visual dalam Iklan SK-II: Membongkar Strategi Berkesan”

Oleh : PUTU VERENT MAHADEWI PRAMESWARI

Iklan merupakan bagian penting dalam analisis bahasa yang menjelaskan bagaimana bahasa dapat mempengaruhi orang dengan gayanya sendiri, agar orang tertarik pada pesan yang ingin disampaikan oleh pengiklan. Iklan adalah pesan yang dibayar oleh pengirimnya, bertujuan untuk memberikan informasi atau mempengaruhi orang yang menerimanya (Kasni, 2017:1). Dalam artikel ini, kita akan membahas iklan SK II, produk perawatan kulit yang terkenal di seluruh dunia.

SK II dikembangkan pada tahun 1970-an oleh para ilmuwan Jepang. Mereka menemukan bahwa pekerja tua di tempat pembuatan sake memiliki tangan halus, jernih, dan tampak muda karena merendam tangan mereka dalam ragi yang difermentasi. Perusahaan menggunakan ekstrak ragi ini, yang mereka sebut pitera, dalam produk kosmetik mereka. Di antara berbagai produk SK II, produk Skincare paling populer di kalangan generasi milenial. Skincare adalah rangkaian praktik untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan penampilan, dan menghidupkan kembali kondisi kulit. Pesan dalam iklan haruslah sederhana dan unik agar produk dapat dipromosikan dengan baik. Berfokus pada dua elemen utama dalam periklanan, yaitu elemen Verbal (kata-kata) dan Visual (gambar).

Teori yang digunakan untuk analisis ini adalah teori Dyer dari buku Advertising as Communication (2009) dan teori pendukung dari Geoffrey Leech dari buku Semantics: The Study of Meaning (1981). Kita akan menjelaskan representasi visual dan verbal dalam iklan SK II sebagai berikut:

1) Representasi Visual dalam Iklan SK II a.) Model Wanita, dalam iklan SK II ini, elemen visual menggambarkan model dengan senyuman dan pose yang menggambarkan kepuasan. Senyuman model mencerminkan bahwa produk ini memberikan hasil yang baik dan membuatnya bahagia. Pemakaian produk terlihat saat model memegangnya dan melihatnya, menandakan produk ini berkontribusi pada kulit yang kenyal dan cerah. Pakaian crop yang dikenakan model juga menggambarkan kulit yang bersinar, mengisyaratkan bahwa produk ini memberikan efek positif pada kulit wajah. b.) Gambar Produk, gambar ini memiliki makna konseptual karena pengiklan memberi tahu pelanggan tentang bentuk, desain, dan berbagai varian dari Stem Power ini. Warna dari produk botol adalah putih dan merah. Putih mewakili kemurnian dan kebersihan, merah melambangkan cinta yang penuh gairah. c.) Latar Belakang, warna latar belakang iklan ini adalah putih, yang melambangkan kesucian, kebersihan, kemurnian, kepolosan, kedamaian, keutuhan, kesederhanaan, dan penyelesaian. Warna putih digunakan karena merupakan warna yang natural.

Baca Juga :  Sering Pusing Berputar? Hati-hati Penyakit Meniere

2) Elemen Verbal yang Ditemukan dalam Iklan SK II 1.) Headline, Headline iklan ini adalah Change your skin’s destiny now and for the next 10, 20, 30 years. Judul ini dikategorikan sebagai kalimat imperatif karena memerintahkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Kalimat tersebut juga mencerminkan makna konotatif karena dengan menggunakan kalimat ini berarti pelanggan harus menggunakan bahan dari alam dan menggunakan dari sekarang untuk untuk menyehatkan kulit. Maka dari itu, pengiklan menggunakan kalimat tersebut sebagai headline untuk mengiklankan produk ini. 2.) Body Copy, frasa kata benda “New Stem Power”, memiliki makna konseptual karena pengiklan menginformasikan kepada pelanggan bahwa produk ini memiliki inovasi baru dengan sensasi Stem Power. Frasa ini juga memiliki makna afektif karena mempengaruhi konsumen untuk mencoba produk tersebut dan merasakan sensasinya.

3.) Signature Line, kata benda “SK II” memiliki makna konseptual karena memberi tahu pembaca tentang nama merek produk.

4.) Standing Details, “www.SK-II.com.sg” dan pada facebook “SK-II SINGAPORE” memiliki makna konseptual karena pengiklan menginformasikan kepada pelanggan tentang media sosial SK II, jika pelanggan ingin mengetahui tentang produk ini atau ingin menanyakan sesuatu tentang produk ini. Dari pembahasan dan analisis sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa ada dua elemen yang terdapat dalam Iklan SK II, yaitu elemen verbal dan elemen visual. Elemen verbal yang terdapat dalam iklan SK II berupa kalimat dan frasa. berupa kalimat dan frasa. Bentuk-bentuk tersebut terdapat pada headline, body copy, signature line, dan standing detail. Makna dari elemen verbal yang ditemukan dalam data seperti makna konseptual, makna konotatif dan makna makna afektif. Elemen visual yang terdapat dalam iklan SK II yaitu berupa gambar model, produk, logo, dan latar belakang. Makna-makna dari elemen visual yang ditemukan dalam data adalah makna afektif dan makna warna.(r)

Related Posts