May 19, 2024
Daerah Sosial

Pra HUT ke 20, DPC Baladika Bali Angunggah Shanti Kota Denpasar Baksos ke Sejumlah Tempat

Kabarbalihits denpasar

Serangkaian HUT ke 20 Baladika Bali Angunggah Shanti, DPC Baladika Bali Angunggah Shanti Kota Denpasar melakukan kegiatan bersih Pantai dan persembahyangan bersama di Pura Dalem Pengembak, Mertasari, Sanur Kauh, Denpasar, serta mengunjungi Panti Asuhan Tat Twam Asi pada Sabtu (20/4/2024 ).

Kegiatan Pra HUT ke 20 dihadiri oleh Wakil Ketua Bidang Eksternal Baladika Bali, Nyoman Suanta, Ketua DPC Baladika Bali Kota Denpasar I Komang Ariawan, dan diikuti seluruh pengurus dan anggota DPC Baladika Bali Kota Denpasar, juga turut mengundang Ketua DPC Denpasar Laskar Bali Shanti, Turah Alit, bersama jajaran pengurus.

Ketua Panitia Pra HUT, Ida Bagus Semara Mantera dalam laporannya disampaikan, baksos yang dilakukan DPC Baladika Bali Kota Denpasar bertujuan untuk menyambut acara HUT ke 20 Baladika Bali Angunggah Shanti yang jatuh pada 5 Mei 2024 mendatang dengan mengusung tema, Teguh dalam Persaudaraan Nyata dalam Pengabdian. Juga bertujuan untuk mewujudkan kepedulian Baladika Bali terhadap lingkungan dan kehidupan sosial di masyarakat sesuai slogan Baladika Bali Angunggah Shanti.

“dimana kami Baladika Bali, akan selalu berusaha membawa kebaikan dan kedamaian di masyarakat,” ucap IB Semara Mantera.

Sementara Ketua DPC Baladika Bali Kota Denpasar I Komang Ariawan diwakili oleh Sekretaris Baladika Bali DPC Kota Denpasar, I Made Kadek Artha mengatakan, perjalanan Baladika Bali selama 20 tahun penuh dengan dinamika dan sempat dipandang sebagai organisasi masyarakat yang negatif oleh masyarakat Bali. Namun stigma buruk tersebut terjadi hilang karena Baladika Bali telah berbenah dengan memiliki kualitas SDM yang mumpuni, dan berhasil mendapatkan hati masyarakat. Sehingga istilah ‘dimana ada Baladika Bali disana ada ketenangan’ diukur bukan sekedar tagline.

Makanya masyarakat sekarang sudah melihat Baladika Bali dari sebelumnya, terbukti banyak kader-kader dan tokoh Baladika Bali lolos menjadi DPRD, ada DPD. Itu bukti bahwa Baladika Bali memiliki kualitas SDM yang mumpuni, jelasnya.

Diharapkan, Baladika Bali Angunggah Shanti kedepannya semakin diterima oleh masyarakat dengan cara ikut menjaga Bali dan melakukan sinergitas baik dari Pemerintah Desa hingga tingkat pusat.

Baca Juga :  Peringati HUT PJI, Kejari Denpasar Baksos Di Pasar Kreneng

Wakil Bidang Eksternal Baladika Bali Nyoman Suanta menambahkan, melalui Arah Ketua Umum Baladika Bali Bagus Alit Sucipta yang ditekankan dalam kegiatan Pra HUT ke 20 Baladika Bali Angunggah Shanti adalah melakukan kegiatan sosial yang langsung menyentuh masyarakat. Dimana hal ini sekaligus sebagai upaya menepis stigma negatif yang identik dengan premanisme.

“ada tekanan dari Ketua Umum bahwa organisasi sosial kemasyarakatan yang harus menjaga Bali sebagai benteng terdepannya berkolaborasi dengan organisasi massa yang ada di Bali, baik itu Laskar Bali dan yang lainnya dalam menjaga Bali menjadi Ajeg,” imbuhnya.

Baladika Bali juga disebut telah melakukan upaya dalam menjaga Bali, dengan mendorong tiap Korlap untuk menjaga kewilayahan masing-masing, khususnya Baladika Bali DPC Kota Denpasar dapat mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tak hanya bersih-bersih pantai dan melaksanakan persembahyangan bersama, DPC Baladika Bali Kota Denpasar juga menyerahkan tali kasih berupa sembako dan dana punia kepada Pemangku.

Pada kesempatan pengempon Pura Dalem Pengembak tersebut, I Made Ranten menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan dari DPC Baladika Bali Kota Denpasar serta melakukan aksi sosial di lingkungan Pura Dalem Pengembak. Dirinya mengaku bangga akan keberadaan Baladika Bali, dan menilai perlunya adanya organisasi masyarakat seperti Baladika Bali yang turut menjaga wilayah Bali.

“perlu sekali adanya organisasi Baladika Bali dan yang lain untuk menjaga akar jagat Bali,” katanya.

Selanjutnya Baladika Bali DPC Kota Denpasar melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Tat Twam Asi, Denpasar sekaligus menyerahkan tali kasih dan uang tunai.

Nantinya Baladika Bali Angunggah Shanti merayakan puncak HUT pada 5 Mei 2024 secara spesial di Alas Pala Sangeh, Badung dan dihadiri oleh tokoh-tokoh penting di Bali. (kbh1)

Related Posts