July 27, 2024
Daerah Pendidikan

Resmi Dilantik, Pengurus Siap Majukan IGTKI Kecamatan Abiansemal

Badung-kabarbalihits

Pengurus Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) – PGRI Kecamatan Abiansemal Periode 2021-2026 secara resmi dilantik oleh Ketua IGTKI Kabupaten Badung, Endang Suhartati, di Aula Korwil Kecamatan Abiansemal, pada Sabtu (9/12/2023).

Berdasarkan hasil rapat anggota IGTKI Kecamatan Abiansemal sebelumnya, disepakati Pengurus IGTKI Abiansemal periode 2021-2026 dipimpin oleh Ida Bagus Ketut Muliya.

Menurut Ketua IGTKI Kabupaten Badung, Endang Suhartati, Pelantikan pengurus IGTKI di Kecamatan Abiansemal dipandang telah berjalan sesuai dengan AD ART, yang berpedoman pada tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten dan bergulir ke tingkat Kecamatan.

Semangat para pengurus yang baru dilantik dinilai sangat luar biasa untuk memajukan IGTKI Abiansemal, khususnya dalam kreativitas guru-guru TK di wilayah Abiansemal.

Nantinya program-program yang dimiliki IGTKI Kecamatan Abiansemal sebaiknya diselaraskan dengan program IGTKI Kabupaten Badung, agar menghasilkan suatu kegiatan yang maksimal.

“dimana nanti dalam berkegiatan itu akan dijadikan satu dalam bentuk gebyar, jadi keseluruhan, kecamatan-kecamatan yang lain juga akan menjadi satu kegiatan,” jelasnya.

Baginya kreativitas para guru IGTKI wajib untuk terus mengasah diri untuk meningkatkan kemampuan kedepannya, terlebih berkompetisi pada era digital saat ini.

“jadi sebagai guru sudah harus bisa mengupdate diri ke jaman sekarang, jaman now. Diantaranya itu ada di program kami di IGTKI Kabupaten Badung, untuk menjadikan guru-guru yang smart,” tegasnya.

Sempat vakum kegiatan IGTKI Kabupaten Badung karena pandemi covid-19 mewabah, sehingga kegiatan IGTKI hanya aktif di tingkat kecamatan. Diharapkan program IGTKI di tingkat Kabupaten agar kembali digelar seperti program Gebyar Paud.

“harapan kami kedepan, ada lagi menggiatkan kembali kegiatan-kegiatan ini baik kegiatan guru ataupun di anak-anak,” harapnya.

Pelantikan yang dihadiri para pengurus IGTKI di 7 Kecamatan Kabupaten Badung ini turut disaksikan oleh Kakorwil Disdikpora Kecamatan Abiansemal, I Ketut Widya.

Bagi Ketut Widya, pengurus IGTKI Kecamatan Abiansemal selama ini telah mampu meningkatkan prestasi anak-anak serta melayani masyarakat akan kebutuhan TK. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pengurus IGTKI Kecamatan Abiansemal pun dipandang cukup memberikan motivasi dalam membangun karakter anak-anak.

“terkait kegiatan tersebut otomatis ini menambah perkembangan dari potensi-potensi yang ada pada anak-anak,” katanya.

Kurikulum Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan juga dikatakan sudah dilakukan oleh para guru TK di Kecamatan Abiansemal, termasuk pada penerapan P5.

“banyak anak-anak diarahkan dalam berkarya, terkait yang diarahkan dalam P5, kolaborasi termasuk iman taqwa dan lainnya pada dimensi-dimensi tertentu,” pungkasnya.

Baca Juga :  Pengajuan Pendirian Program Studi Subspesialis Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Unud Masuk Tahap Visitasi Tim Direktorat Kelembagaan

Sementara, Ketua IGTKI Kecamatan Abiansemal Ida Bagus Ketut Muliya mengatakan, pelantikan ini dilakukan sesuai AD ART Kabupaten, yang sebelumnya dilakukan dengan cara kepercayaan Hindu yakni prosesi Pawintenan. 

Dalam memajukan IGTKI Kecamatan Abiansemal kedepan, pihaknya telah merancang program-program, salah satunya dengan menjalin rekanan.

“menjalin rekanan seperti Majalah. Bulan Februari kami akan mengadakan Gebyar Paud,” terangnya.

Dengan mengabdi sebagai Ketua IGTKI Kecamatan Abiansemal, diharapkan para guru Paud di wilayah Abiansemal semakin maju dan mampu menerapkan kurikulum Merdeka Belajar sesuai aturan pemerintah. (kbh1)

Related Posts