May 29, 2024
Pendidikan

Wisuda XIX serta Angkat Sumpah Diploma, Sarjana Terapan dan Profesi Ners XXI, Stikes Wira Medika Bali Hasilkan Lulusan Berstandar Internasional

Denpasar – kabarbalihits

Stikes Wira Medika Bali sebagai salah satu perguruan tinggi kesehatan terbaiik di bali melaksanakan kegiatan wisuda ke-19 Program Diploma, Sarjana Terapan dan Sarjana serta Angkat Sumpah Diploma, Sarjana Terapan dan Profesi Ners ke-21 bertempat di Prama Hotel Sanur, Kamis 9 November 2023.

Wisuda yang berlangsung secara offline dan online ini diikuti sebanyak 257 lulusan yang terdiri dari Pendidikan Profesi Ners sebanyak 57 lulusan, Teknologi laboratorium Medis Program Sarjana Terapan sebanyak 121 lulusan, Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Program Diploma Tiga sebanyak 15 lulusan, Teknologi Laboratorium Medis Program Diploma Tiga sebanyak 17 lulusan serta Jurusan Keperawatan Program Sarjana sebanyak 46 lulusan.

Ketua Stikes Wira Medika Bali, Drs. I Dewa Agung Ketut Sudarsana, MM., mengatakan wisuda kali ini merupakan momentum yang sangat baik ditengah momentum reformasi di bidang kesehatan yang sudah semakin berkembang dan mendunia, sehingga kebijakan pemerintah di bidang kesehatan sudah mengarah kepada perubahan yang nantinya mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Peran kita sebagai institusi pendidikan telah memberikan kotribusi besar dengan mengahasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan harapan masyarakat sesuai dengan standar nasional bahkan internasional. Sebaga bukti banyak lulusan kita yang telah diterima bekerja di luar negeri seperti di jepang. Ini merupakan terobosan yang terus kita upayakan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Stikes Wira Medika Bali” ujarnya.

Dengan banyaknya kebutuhan tenaga kesehatan di luar negeri, saat ini Stikes Wira Medika Bali memiliki kerjasama dengan beberapa pihak di luar negeri, dan telah menyiapkan lulusan berstandar internasional yang siap bekerja di luar negeri.

“Saat ini kita meluluskan 257 tenaga kesehatan dan kita menjamin lulusan Stikes Witra Medika Bali memiliki kompetensi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Sebagai bukti, saat ini sebanyak 35 orang lulusan telah bekerja di jepang dan semua lulusannya berprestasi dan mampu memberikan pelayan sesuai kebutuhan masyarakat jepang” imbuhnya.

Lebih lanjut Dewa Agung menjelaskan, Stikes Wira Medika akan terus meningkatkan kualitas diri melalui peningkatah SDM, sarana prasarana dan sistem pendikan sesuai dengan kebijakan yang dikeluarakn oleh Kemenristekdikti sehingga peran Stikes Wiramedika memiliki peran yang besar untuk pembangunan dunia kesehatan di Bali, Nasioanl dan Internasional.

“Kita selalu menyesuaikan kurikulum dengan melibatkan stake holder seperti asosiasi pendidikan, dan asosiasi profesi, prakstisi kesehatan, rumah sakitn dan masyarakat untuk terus melakukan evaluasi kurikulum, artinya masukan-masukan dari apa yang terjadi secara riil di masyarakat kita adopsi sebagai sebuah evaluasi sesuai dengan kebutuhan masyarkat. Dari streser study yang kita lakukan lulusan Stikes Wira Medika Bali tidak lebih dari 3,5 bulan dari lulus mereka sudah mendapatkan pekerjaan. Ini membuktikan bahwa kompetesni mereka telah sesuai dengan kebutuhan dunia kerja” imbunya.

Ketua Yayasan Wira Medika Bali, Dr. Drs. I Nyoman Gede Astina, M.Pd., CHT., CHA., menjelaskan bahwa yayasan dan Stikes Wira Medika Bali telah berkomitmen untuk bekerjasama menghasilkan lulusan yang nantinya siap bekerja di dalam maupun luar negeri, termasuk menjadi wirausaha di bidang kesehatan.

“Kami dari awal sudah memotivasi mereka, mind set nya sudah kita rubah bahwa mereka harus sudah berfikir go global. Artinya apa, karena diluar negeri sangat banyak di butuhkan tenaga kesehatan seperti perawat maupun tenaga kesehata lainnya. Kami dari yayasan terus melakukan kerjasama pihak luar negeri. Kami berkomitmen untuk mencari partner sehingga bisa mengirim lulusan ke luar negeri tentu dengan kualifikasi yang diinginkan oleh user kita di luar negeri. Saat ini banyak lulusan Stikes Wira Medika Bali telah bekerja di Jepang, Belanda dan Jerman dan kita sedang menjajaki kerjasama dengan Australia” pungkasnya.

Saat ini Stikes Wira Medika Juga telah bekerjasma dengan Universitas di china, sehingga hal ini sangat memungkinkan bagaimana kita mencaro celah bagi mahasiswa, baik dalah hal pertukaran pelajar, pertukaran dosen termasuk mencari pekerjan di negara China.

“Itulah komitmen dari yayasan membantu lulusan untuk bisa go global tidak hanya mencari pekerjaan di dalam negeri, karena peluang kerja bidang kesehatan di luar negeri sangat terbuka” imbuhnya.

Koordinator Kelembagaan LLDIkti Wilayah VIII, I Wayan Sudarma, S,Sos,MAP., mengatakan Stikes Wira Medika Bali merupakan perguruan tinggi kesehatan yang sangat berkualitas yang mengikuti alur pendidikan sesuai dengan Kemendikbud Dikti apalagi banyak lulusannya sudah banyak bekerja di luar negeri.

“Selama ini banyak lulusan Stikes Wira Medika yang telah bekerja di luar negeri. Dari pantauan LLDikti banyak lulusannya telah bekerja di jepang, malaysia dan saat ini sedang merancang untuk bekerja di China. Hal ini sangat bagus diharapkan kedepannya Stikes Wira Medika Bali dapat lebih baik dan meningkatkan dirinya untuk dapat bersaing dengan kampus di luar negeri sehingga meningkatkan mutu pendidikannya” jelasnya.

Wayan Sudarma menambahkan saat ini Stikes Wira Medika diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas dirinya seperti peningkatan kualitas SDM terutama para dosen agar sebagian besar sudah berkualifikasi S-3 atau Doktor.

“Dengan peningkatan SDM dan tri dharma perguruan tinggi telah dilaksanakan denganb baik sesuai dengan aturan yang berlaku niscaya mutu pendikan di Stikes Wira Medika Bali akan semakin baik. Untuk lulusan Stikes Wira Medika saya berharap agar terus menempa kemampuan di masyarakat karena di masyarakatklah mereke pemperdalam ilmunya untuk kepentingan masyarakat” imbuhnya.

Sindi Oktaviana Dewi yang merupakan Lulusan S-1 Keperawatan merasa bangga sebagai mahasiswa di Stikes Wira Medika Bali karena Stikes Wira Medika Bali merupakan perguruan tinggi kesehatan yang sangat berkompeten, dengan banyak menghasilkan tenaga kesehatan yang sangat berkualitas dan lulusannya banyak bekerja hingga ke luar negeri

“Saya sangat bangga banyak lulusan Stikes Wira Medika Bali yang telah bekerja di luar negeri seperti di jepang. Hanya di Stikes Wira Medika Bali yang sampai bisa membawa lulusannya hingga bekerja di luar negeri, itu luar bisa sekali” ujarnya.

Sementera I Made Ari Putra lulusan Program Profesi Ners menjelaskan bahwa, selama menempuh pendidikan di Stikes Wira Medika Bali mulai dari S-1 Keperawatan hingga dilantik sebagai Ners, banyak ilmu yang didapat yang sangat sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja.

” Setelah kita selesa menmpuh pendidikan di Stikes Wira Medika Bali lulusannya sangat banyak terserap di berbagai institusi pelayanan kesehatan yang ada di bali, maupun di luar bali hingga ke luar negeri. Dosen yang mengajar juga sangat berkompeten dan sangat ahli dalam bidangnya masing-masing. Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang kesehatan jangan ragu untuk bergabung di Stikes Wira Medika Bali” pungkasnya.

Baca Juga :  Mewakili Masyarakat, Pemkab Tabanan Ucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan

Dalam wisuda kali ini juga di laksanakan pemberian penghargaan kepada alumni yang akan berangkat ke Jepang, yakni Putu Eka Wulandari yang akan bekerja di Suzukake, Ni Putu Intan Puspa Sari yanga akan bekerja di Midori no Sato, Warai no Ie, dan Desak Putu Sri Shanti Winditha yang akan bekerja di Keiseikai. (kbh5)

Related Posts