April 15, 2024
Pendidikan

Sasar Wilayah Pesisir Bali, UNHI Denpasar Buka Program KKN 2023

Denpasar-kabarbalihits

Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar kembali membuka program Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun ini, dengan fokus pada pesisir Bali. Kegiatan KKN yang dilaksanakan mulai bulan Agustus hingga September 2023 ini bertujuan untuk membantu masyarakat pesisir dan memungkinkan mahasiswa melaksanakan program kerja nyata serta mengatasi permasalahan teknis yang dihadapi oleh masyarakat.

Kegiatan KKN kali ini melibatkan mahasiswa UNHI yang tersebar di 6 Kabupaten/Kota, 10 kecamatan, dan 27 desa adat. Monitoring dan evaluasi program akan dilakukan oleh tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) serta dosen pembimbing. Evaluasi ini juga akan melibatkan masukan dari masyarakat yang menjadi sasaran program, sebagai tolak ukur keberhasilan kegiatan.

Ketua Panitia KKN UNHI, Komang Agus Triadi Kiswara, M.Pd menyatakan kegiatan KKN kali ini merupakan bagian dari upaya untuk memfasilitasi masyarakat pesisir dalam mengatasi permasalahan yang mereka hadapi. “Mahasiswa kami akan menjadi fasilitator dan edukator dalam membantu mengatasi tantangan tersebut,” kata Agus seusai pembukaan KKN di kampus UNHI Denpasar, selasa (8/8).

Dalam acara pembukaan, Wakil Rektor III UNHI, Dr. Drs. I Putu Sarjana, M.Si, menyematkan tanda dimulainya kegiatan KKN tahun ini kepada para peserta. Ia menjelaskan bahwa pemilihan pesisir Bali sebagai tujuan KKN didasari oleh visi misi Gubernur Bali dalam memajukan daerah.

“Kami berharap mahasiswa dapat membantu penduduk pesisir dalam mengatasi permasalahan dan mengembangkan potensi mereka,” harap Sarjana.

Selaku Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Widya Kerthi yakni Badan Hukum penyelenggara Universitas Hindu indonesia, Dr. Drs. Dewa Ketut Budiana, M.Fil mendukung program-program UNHI. Ia menyatakan bahwa partisipasi universitas dalam memfasilitasi masyarakat adalah sebuah kewajiban. “Kami berharap program KKN ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat pesisir dan meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pemberdayaan masyarakat,” ujar Budiana.

Baca Juga :  LP3M Unud Gelar Bimtek Penyusunan Dokumen Akreditasi Program Studi dan Program Studi Baru

Kepala LPPM UNHI, Dr. Made Novia Indriani, ST., MT menambahkan program KKN merupakan bentuk implementasi dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Manfaat yang didapatkan tidak hanya bagi masyarakat, tetapi juga bagi mahasiswa dan perguruan tinggi.

“Keterlibatan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat di lapangan adalah langkah penting menuju kolaborasi yang produktif,” pungkasnya.

Diharapkan program KKN ini akan memberikan kontribusi signifikan dalam pemberdayaan masyarakat pesisir dan meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan nyata di lapangan.(kbh2)

Related Posts