May 23, 2022
Daerah Kuliner

Jaga Tradisi, Warung di Sanur Sediakan Menu Megibung

Denpasar-kabarbalihits

Menikmati makanan dengan cara ‘Megibung’ menjadi tren baru bagi penikmat kuliner di Denpasar saat ini. Megibung merupakan tradisi yang dimiliki oleh warga Karangasem, yakni menyantap makanan yang dilakukan oleh banyak orang.

Guna menjaga tradisi tersebut, salah satu warung yang berada di kawasan Jalan Danau Poso, Sanur, Denpasar, mengemasnya menjadi menu megibung dengan sajian olahan ayam.

Pemilik Warung Ary Wicahyana menuturkan, menu megibung ini lahir dari nama Warung miliknya bernama Bhineka. Yakni Bhineka berarti berbeda, diteruskan dengan tradisi yang kebetulan berbeda dari Karangasem.

Owner Warung Bhineka Muda, Ary Wicahyana menunjukkan menu Megibung

Dengan harga Rp 150 ribu, menu megibung bisa dinikmati dengan 4 orang. Dalam menu megibung terdapat berbagai olahan ayam, seperti lawar ayam putih dan merah, sate ayam, ati ayam, komoh atau kuah sayur, serta pelengkap diberikan minuman es gula.

“Murah kan, bisa dibagi ber empat. Bisa menikmati komohnya juga. Kebetulan disini orang-orang dari luar Bali banyak yang kesini. Lawar ayam kita pilih biar bisa dinikmati semua,” kata Ary Wicahyana (13/5/2022).

Menurutnya menu ini adalah menu yang biasa, namun menu megibung memiliki makna yang penting yakni kebersamaan. Terlebih di masa pandemi ini, bisa menikmati makanan bersama dengan porsi yang besar, namun tidak mengeluarkan budget yang besar.

Ary mengingatkan, menu megibung ini tidak tersedia dengan order cepat. Namun penikmat harus memesan menu megibung ini sehari sebelumnya.

“Ini proses pembuatannya butuh waktu agak lama. Bisa dipesan sehari sebelumnya, atau minimal pagi hari memesan dipakai untuk sore hari,” ujarnya.

Baca Juga :  PPKM Darurat di Buleleng, Kegiatan di Tempat Ibadah Maksimal Melibatkan 30 Orang

Salah seorang pengunjung Dewa Ayu Trias yang menikmati menu megibung ini bersama temannya mengaku sangat menikmati sajian megibung. Ia menilai, biasanya megibung hanya bisa dinikmati di suatu acara di Banjar, namun saat ini bisa ditemukan di Warung.

“Rasanya nggak jauh beda sama di Banjar-Banjar tapi ini lingkupnya lebih kecil, bisa ngajak teman-teman. Jadi porsinya pas banget buat kita-kita yang pengen ngerasain  makanan megibung,” jelasnya.

Dalam menikmati menu megibung ini ia menemukan sensasi yang berbeda ketika menikmati makanan dalam satu tempat.

“Sama-sama ngelihat kunyahan teman-teman, jadi bisa menikmati juga. Makan sendiri agak males, tapi kalau sama teman-teman sensasinya beda juga, kebersamaannya dapet,” imbuhnya.

Tunggu apalagi, jika ingin merasakan sensasi menu megibung langsung merapat ke Warung Bhineka Muda di alamat Jalan Danau Poso 115, Sanur, Denpasar. (kbh1)

Related Posts