January 20, 2022
Daerah Politik

Fraksi Golkar Badung Apresasi Banjar Samuan Kangin, Jadi Role Model Banjar Creative Space Tingkat Nasional

Badung-Kabarbalihits

Banjar Samuan Kangin Desa Carangsari Kecamatan Petang secara resmi dikukuhkan sebagai role model Inisiasi Banjar Creative Space di Kabupaten Badung, Oleh Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Tenten Masduki bersama Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, Sabtu 30 Oktober 2021. Program yang dimaksudkan untuk membangkitkan UMKM Kreatif Badung dari Banjar tersebut di apresiasi Jajaran Fraksi Partai Golkar DPRD Badung.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Badung, I Gusti Ngurah Saskara memberikan apresiasi Banjar Samuan Kangin Desa Carangsari ditetapkan sebagai role model Program Banjar Creative Space sebagai pengelolaan informasi bagi UMKM.

“Jadi pengelolaan informasi UMKM bisa dimuai dari bawah yakni dari banjar.  Pentingnya pengelolaan informasi di era globalisasi, tentu ini akan sangat banyak manfaatnya. Misalnya, mulai dari informasi produk, transaksi bisa lebih cepat, hingga marketingnya. Ini juga bisa menjadi daya dorong bagi UMKM di Badung dalam pengembangan promosi produk antar  lintas banjar maupun wilayah terpencil, karena pengelolaan informasi ini dilakukan dengan baik,”terangnya.

Politisi Partai Golkar asal Desa Blahkiuh Abiansemal yang akrab disapa Jik Sas ini juga menyebut UMKM cenderung ada di daerah pedesaan dan kecamatan. UMKM terpencil inilah yang terkadang belum tersentuh teknologi , bahkan bertransaski mapun marketingnya masih secara  tradisional.  

“Dengan dimulainya pola pengelolaan informasi di banjar, akan ada feed back atau return. Kalaupun mungkin infrastruktur awalnya lumayan diperlukan biaya, tapi pengembaliannya akan mempunyai nilai yang berkepanjangan dan ini bisa menjadi solusi kemajuan UMKM di Badung.”jelasnya.

Baca Juga :  Terima Alokasi CASN, Pemkab Buleleng Siapkan Anggaran Untuk Proses Rekrutmen

Jik Sas juga meyakinkan dengan adanya komitmen  dari Bupati Badung, dan steakholder lainnya ikut membantu, Program Banjar Creative Space bisa disebarluaskan di setiap-setiap banjar yang ada.”Saya kira ini akan menjadi sebuah kemanfaatan yang berkesinambungan bagi UMKM,”harapnya.

Hal senada disampaikan Tokoh masyarakat Banjar Samuan Kangin sekaligus Anggota DPRD Badung ,I Nyoman Suka. Ia  mengatakan, hal ini merupakan sesuatu yang positif ditengah terpaan masalah yang dihadapi Kabupaten Badung.”Kita harus mencari alternatif-alternatif. Utamanya yang harus kita kembangkan saat ini adalah UMKM kita, sehingga dengan kuatnya UMKM bisa menepis segala permasalahan yang dihadapi Kabupaten Badung secara umum,”harapnya.

Ketua Pimpinan Kecamatan (PK) Partai Golkar Kecamatan Petang  ini  juga mengatakan, masing -masing banjar di Kabupaten Badung memiliki potensi. Secara khusus pihaknya menyebut Banjar Samuan Kangin Desa Carangsari  telah memiliki beberapa potensi yang coba dipromosikan secara online.”Salah satu produk kami yang sudah mulai dikenal adalah kacang. Hingga hari ini produk tersebut sudah banyak beredar di pasaran. Hanya saja, perlu polesan dari segi promosinya seperti  dalam hal kemasan, hal ini yang akan kita dorong kedepannya,”ungkap Suka.

Selain itu, Suka juga memaparkan sebagai Pilot Projec Inisiasi Progran Banjar Creative Space di Kabupaten Badung, Banjar Samuan Kangin  telah terbentuk  empat kelompok generasi muda kreatif mulai Game, marketing online, konten creator hingga entrepreneurship. “Itulah potensi -potensi yang ada, yang akan kami terus dorong dan kami fasilitasi,”tegasnya. (Kbh6)

Related Posts