October 21, 2021
Sosial

Aksi Bersih-Bersih Pantai Kuta

Badung-kabarbalihits

Hingga saat ini kondisi pantai Kuta masih belum terbebas dari sampah. Banyaknya sampah di pantai Ikon pulau Dewata ini membuat banyak kalangan tergerak untuk turut melakukan aksi bersih-bersih pantai. 

Ratusan warga dari berbagai kelompok dan komunitas menggelar aksi bersih-bersih pantai Kuta pada Sabtu (09/01) pagi.

Banyak sampah yang memenuhi hampir sepanjang bibir pantai membuat ratusan relawan ini kewalahan. Terlebih mereka melakukan bersih-bersih secara manual.

Sejumlah relawan mengaku telah memulai aksinya sejak pukul 07.00 wita namun hingga pukul 10.00 wita belum juga rampung karena masih banyak ceceran sampah diseputaran bibir pantai.

Menurut Koordinator Badung Gotong Royong, I Gede Surya Gunawan mengatakan sampah yang ada dipantai Kuta ini membuat dirinya sangat resah selaku masyarakat lokal karena melihat informasi di media pantai Kuta banyak ditimbun sampah.

“Apalagi kita tahu pantai Kuta sebagai salah satu tulang punggungnya Kabupaten Badung untuk sektor pariwisata, jadi karena ada sampah ini juga menyebabkan efek ke ekonomi selain kepariwisata” ungkapnya.

Kebanyakan sampah yang memenuhi pantai Kuta merupakan sampah plastik seperti botol dan gelas kemasan air mineral serta plastik-plastik bungkus makanan.

Para relawan ini mengaku telah beberapa kali datang kepantai Kuta untuk melakukan bersih-bersih pantai, terutama pada saat hari libur.

Sementara itu Ketua Generasi Muda FKPPI Bali Didik Supriadi menyampaikan pihaknya datang dengan sekitar 70 orang, karena program dari GM FKPPI Bali terkait dengan sampah yang ada dipantai Kuta di secedulekan setiap hari sabtu.

Baca Juga :  Penuhi Janji, Gus Adhi Amatra Hijaukan Hutan Manistutu dengan 500 Bibit Pohon Buah

“Ini sudah yang ke empat kalinya dan akan rutin setiap hari sabtu sampai kapanpun juga akan tetap kita jalankan karena ini sudah menjadi program kegiatan dari pada GM FKPPI Bali. Kondisi sampah diawal tadi sangat kotor kemudian kita angkut keatas tapi satu hal yang kita lihat disini setelah kita angkut keatas dan dialokasikan disatu tempat tapi kok tempat ini besar sekali tumpukan sampahnya, saya berharap pemerintah daerah khususnya yang punya otoritas disini untuk segera mengangkut sampah yang sudah kita kumpulkan” jelasnya.

Para relawan juga berharap agar masyarakat bisa melihat kondisi pantai Kuta saat ini sehingga bisa sadar diri untuk turut menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah secara sembarangan.(kbh4)

 

Related Posts