February 28, 2024
Lifestyle

Kontes Bonsai Promosikan Pantai Labuhan Sang Rama

Singaraja – kabarbalihits

Nilai seni tinggi antara perpaduan sentuhan tangan dengan alam, yang tertuang dalam tanaman sangatlah memanjakan mata. Hobi yang satu ini membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Terlihat dari puluhan Bonsai yang terpajang pada Kontes Bonsai di Pantai Labuhan Sang Rama, Desa Kalisada, Seririt, Buleleng (10/08).

 

 

Ketua panitia Kadek Susiarawan Wisnawa menjelaskan, Kontes ini digelar dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke 75, dan sosialisasi protokol kesehatan pada masa New Normal, Desa adat Kalisada Seririt Buleleng bersinergi dengan PPBI (Persatuan Pecinta Bonsai Indonesia) Denpasar. 

Hal ini dilatarbelakangi keinginan dari tokoh masyarakat setempat untuk memberikan ruang kreatifitas bagi generasi muda, pecinta bonsai dan layang layang. 

“Peserta ini diikuti oleh seluruh pecinta bonsai yang berada di Buleleng, dan wilayah seririt pada khususnya. Sebanyak 65 bonsai terpajang berbagai jenis pohon” Jelasnya. 

Ditambahkan, banyak jenis pohon yang bisa dijadikan karya seni bonsai seperti bunut korea, anting putri, santigi, bunut merah, elegant, loa, arabika, sianchi, amplas, serut, hokiantea, kimeng, pusu bulu, mirten, jeruk kingkit, mustam, sianci, murbay, beringin papua, mustam, asem saraf, dewandaru, serut, tehtehan, sisir, dolar, dan delima bukit.

Pihaknya juga berharap, kepada penghobi bonsai dapat memperkenalkan seni bonsai ke masyarakat umum dan Pantai Labuan Sang Rama yang berada di Desa Kalisada. Selain kontes bonsai juga digelar lomba layang layang, yang berlangsung dari 10 Agustus sampai 15 Agustus 2020.  

“Untuk pemenang peserta diberikan sertifikat penghargaan dan tropy, dan nantinya rencana kedepan kegiatan akan rutin diadakan tiap tahunnya” Tutupnya. (kbh4)

Related Posts