May 29, 2024
Daerah

Pastikan PPDP Sehat Tak Terpapar Covid-19, KPU Badung Lakukan Rapid Tes Bertahap

Badung – kabarbalihits

Memastikan para petugasnya dalam kondisi sehat khususnya tidak terpapar Covid19, KPU Kabupaten Badung bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Badung melaksanakan kegiatan Rapid Tes bagi Petugas Penyelenggara Pemilu khususnya Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Wantilan Pura Lingga Bhuwana dan Wantilan DPRD Badung Kamis (9/7). 

 

 

“Karena kita akan melaksanakan pendataan terhadap calon pemilih dari rumah ke rumah, sehingga kita bisa memastikan bahwa petugas penyelenggara yang akan mendatangi rumah sasaran itu sudah betul dalam kondisi sehat tidak terkontaminasi dari virus Covid-19,” ujar Anggota KPU Kabupaten Badung Wayan Artanadana.

Untuk menghindari kerumunan sesuai Protokol kesehatan pencegahan Covid19, dalam kegiatan Rapid Tes ini dilakukan secara bertahap yang terbagi dalam beberapa kelompok atau gelombang.

“Yang pertama sudah dilakukan pada 2 Juli lalu. Kemudian gelombang kedua dilakukan hari ini, itu pun tempatnya kita bagi dua yakni Wantilan Pura Lingga Bhuwana dan Wantilan DPRD badung, sehingga tidak ada kerumunan yang terjadi”, beber Komisioner KPU Kabupaten badung yang membidangi Divisi Sosialisasi, SDM dan  Partisipasi Masyarakat ini, sembari mengatakan waktu pun diatur per Kecamatan untuk Rapid Tes bagi Petugas Penyelenggara Pemilu ini.

Sementara adapun tahapan Pemilukada serentak 9 Desember pada bulan Juli ini memasuki tahapan Pencoklitan Pemutakhiran Data Pemilih dimana Data yang turun dari pusat akan ke PPS kemudian memberikan kepada petugas Pemutakhiran Data Pemilih.

“Ini berlangsung dari 14 juli hingga 13 Agustus, pada saat itu petugas pemutakhiran data pemilih akan melaksanakan tugasnya seperti mencoret penduduk yang sudah meninggal dunia namun di data itu masih ada, memasukan penduduk yang sudah berumur 17 tahun mungkin didata yang kita bawa belum masuk, kemudian memasukan penduduk yang sudah kawin maupun penduduk yang sudah kawin keluar ini kita lakukan pencoretan,” pungkas Artanadana. (kbh6)

Related Posts