May 29, 2024
Pendidikan

SMK Penerbangan Cakra Nusantara Budayakan Transparansi Dan Keterbukaan Publik

Denpasar – kabarbalihits

Pentingnya Sertifikasi Kompetensi bagi Alumni Sekolah Kejuruan sudah tidak diragukan lagi. Karena di era  kompetensi saat ini kategori kompeten harus dibuktikan dengan sertifikat kompetensi/kualifikasi/keahlian/keterampilan merupakan indikator daya saing bagi alumni sekolah vokasi.

Hal ini wajib dipahami tidak hanya oleh siswa tetapi juga orang tua/wali yang  menyekolahkan anak-anaknya di sekolah kejuruan. SMK Penerbangan Cakra Nusantara selalu menyediakan ruang dan waktu untuk memberikan edukasi kepada orang tua/ wali SMK Penerbangan Cakra Nusantara terkait berbagai program sekolah. 

Sementara itu, pelaksanaan program sekolah terkait pentingnya sertifikasi kompetensi bagi Taruna/i SMK Penerbangan Cakra Nusantara yang telah dijelaskan sebelumnya pada forum rapat orang tua, terdapat ketidak pahaman dari beberapa orang tua/wali (5 orang) dan memberikan laporan/aspirasinya kepada pihak di luar sekolah.

 

SMK Penerbangan Cakra Nusantara Budayakan Transparansi Dan Keterbukaan Publik

SMK Penerbangan Cakra Nusantara Budayakan Transparansi Dan Keterbukaan Publik

 

Terkait hal tersebut, Kepala SMK Penerbangan Cakra Nusantara, Indra Gita Saragih, S.Pd., menyatakan, “Kami memaklumi dan memahami sekelompok kecil orang tua yang menyampaikan aspirasi ke pihak luar,  disisi lain kami sudah beberapa kali menjelaskan secara detail terkait anggaran dan dasar aturan teknis pelaksanaan  program sertifikasi kompetensi tersebut.

Rincian anggaran dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP)  dan dasar teknis berdasarkan Surat Ketua BNSP Nomor B.509/BNSP/V/2020 tanggal 6 Mei 2020, sehingga sekolah hanya melaksanakan apa yang sudah diputuskan dalam rapat orang tua secara kourum yang berita acaranya sudah ditandatangani pengurus komite”, ucapnya.

 “Kami selaku management SMK Penerbangan Cakra Nusantara selalu membuka pintu untuk melayani orang tua/wali mengenai segala pertanyaan  terkait program sekolah. bahkan kepala sekolah melayani secara langsung tanpa perlu dipersulit birokrasi atau persuratan, hingga orang tua benar-benar memahami dan merasa puas atas segala penjelasan yang diberikan. Seharusnya ini mendapat feedback yang positif pula dari pihak orang tua”, ujarnya. 

Baca Juga :  Pariwisata Redup, SMK Pariwisata Dalung Gelar PKL di Hotel Berbintang

Management SMK Penerbangan Cakra Nusantara selalu siap memberi waktu dan kesempatan untuk Sharing and caring Bersama orang tua/wali secara langsung di sekolah dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan.

Management SMK Penerbangan Cakra Nusantara membudayakan Transparansi dan Keterbukaan terkait hal apapun, baik dari segi penyampaian aspirasi, administrasi, pembelajaran, sarana prasarana, PKL, keberlanjutan alumni termasuk publikasi sebagai pertanggungjawaban Publik.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara merupakan sekolah vokasi terakreditasi A yang memiliki reputasi baik tidak hanya pengelolanya, tetapi juga seluruh karakter Taruna/i nya. Pentingnya Kejujuran dan Keadilan dalam suatu Organisasi menjadikan dasar Karakter Taruna/i SMK Penerbangan Cakra Nusantara. 

Seluruh alumni yang telah lulus, tidak hanya diterima bekerja di berbagai maskapai dan maintenance pesawat tetapi juga melanjutkan di berbagai sekolah tinggi Penerbangan baik Negeri dan Swasta di Indonesia. Keterbukaan data alumni tersebut dapat diakses pada website, www.bursakerjapenerbangan.com.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara terletak di Jalan Drupadi No 25 dan Jalan Tukad Pakerisan No 25 Denpasar, memiliki Kompetensi Program Studi a) Airframe and Power Plant, b) Electrical Avionics, c) Teknik Transmisi dan Telekomunikasi, c) Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran di SMK Penerbangan Cakra Nusantara telah memiliki KKNI berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 06/D.D5/KK/2018 tentang Spektrum Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Jadi tunggu apa lagi? Daftar dari rumah saja di 081237098090 juga dapat diakses via website kami di www.ppdbsmkpenerbangan.com

 

Related Posts