May 29, 2024
Daerah Ekonomi

Nelayan Sanggalangit Keluhkan Hasil Tangkapan Minim

Buleleng – kabarbalihits

Nelayan tradisional Sanggalangit di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, mengeluhkan minimnya hasil tangkapan ikan di laut dalam beberapa hari terakhir ini. Susahnya mencari pekerjaan serabutan disituasi seperti saat ini, membuat tetap semangat menekuni profesinya sebagai Nelayan. 

 

 

Salah seorang nelayan tradisional, Ketut Arsana mengatakan, sudah beberapa hari terakhir hasil tangkapan ikan minim karena kencangnya arus bawah laut. Meski begitu, nelayan tradisional yang dilakoni sejak kecil ini, sama sekali tidak putus asa dan tetap semangat mencari ikan.

Ketut Arsana mengaku hasil tangkapannya ini di konsumsi sehari hari, jika lebih akan dijual untuk membeli beras. “Niki tiyang mangkin ke pasih manten, ten wenten kegiatan napi. Meburuh ten wenten, karena corona niki. Hasil ulam niki anggen sehari sehari, wenten lebian adol anggen meli baas. Mangkin sepi karena arus nike keras” Jelasnya.

Disampaikan juga, Dalam pencarian ikan menggunakan sistem berkelompok. dalam satu Kelompok berjumlah hingga 10 orang. Hasilnya pun dibagi rata dengan yang lain.“Niki sareng jak dase, bise jak sie. Yen wenten nike hasil lebih, adol tiyang jinahne mebagi. Wenten saudagar meriki numbas” Imbuhnya. Ketut Arsana juga merasa bersyukur karena untuk saat ini para nelayan telah tersentuh bantuan sosial dari pemerintah daerah setempat. (kbh1)

Related Posts