March 28, 2024
Daerah Kesehatan

Sebanyak 21 Orang Reaktif di  Br. Sayan Baleran Desa Werdi Bhuwana

Badung – kabarbalihits

Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Badung kembali melaksanakan screening lanjutan terhadap warga Br. Sayan Baleran Desa Werdi Bhuwana, yang belum mengikuti screening sebelumnya. Screening lanjutan yang dilaksanakan pada Senin (25/5) tidak saja bertempat di pos-pos, tapi juga dilakukan dengan cara penyisiran ke rumah-rumah warga.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, dr. I Nyoman Gunarta selaku Koordinator Satuan Tugas Operasi di Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid -19 Kabupaten Badung mengatakan kegiatan ini merupakan screening lanjutan yang merupakan serangkaian dari screening yang dilaksanakan sebelumnya dimana bertujuan untuk melaksanakan screening secara lebih menyeluruh terhadap masyarakat Br. Sayan Baleran Desa Werdi Bhuwana. “Mengingat disini sudah terjadi transmisi lokal dimana sudah ada 9 warga yang positif terjangkit Covid-19, sehingga kita perlu turun tangan untuk melaksanakan screening secara massal,” katanya.

Lebih lanjut dr. Gunarta mengatakan jumlah warga yang ikut screening pada tahap awal sebanyak 123 orang, tahap kedua 313 orang dan yang ketiga pada hari Senin (25/5) sebanyak 777 orang warga sehingga total ada lebih dari 1.200 orang yang sudah discreening di Br. Sayan Baleran. Termasuk screening juga diikuti oleh beberapa karyawan dari PT. Indomarko dan dari Coca Cola yang secara sukarela dan atas inisiatif sendiri ikut berpartisipasi.

Terkait dengan hasil screening hari tersebut mantan Dirut RSD Mangusada ini mengatakan dimana screening yang dilaksanakan di tiga pos diantaranya Pos Wantilan Pura Dalem dari 206 yang hadir ditemukan 8 orang reaktif, di Pos Bale Panjang Setra Werdi Bhuwana dari 91 yang hadir ditemukan 1 orang yang reaktif dan di Pos Wantilan Pura Puseh dari 408 yang hadir ditemukan 9 orang reaktif.

Selain di pos tersebut, dari penyisiran yang dilakukan oleh tim ke rumah-rumah warga termasuk yang menyasar warga bedridden ditemukan 3 orang reaktif dari 72 orang warga yang disisir. “Jadi total sebanyak 777 warga yang hadir dan ditemukan  21 orang warga yang reaktif, selanjutnya untuk yang hasilnya reaktif, kita langsung lakukan tes swab di RSD Mangusada. Kita antar warga yang hasilnya reaktif, setelah itu lakukan tes swab. Sementara menunggu hasil swab keluar, warga akan kami karantina di rumah singgah,” ungkapnya.

Baca Juga :  Roadshow Gebyar Kredit Motivasi UKM LPD Ambengan, Motivasi Krama Jalankan Usaha Pasca Pandemi 

Dikatakan berkaitan tes swab pihaknya akan melakukan selama dua kali di RSD Mangusada, untuk memastikan warga tidak terpapar Covid-19. “Sekarang langsung kami tes swab dan hasilnya besok baru bisa ditentukan. Begitu juga besok pagi langsung kami lakukan tes swab juga di RSD Mangusada dimana pasien kita antar kesana,” pungkasnya

 

Related Posts