July 24, 2024
Pendidikan

Luh De Mediastuti Harapkan Badung Subsidi Sekolah Swasta, Ditengah Pandemi Covid-19

Mangupura – kabarbalihits
Ditengah Pandemi Covid- 19 yang terjadi,Kondisi cukup berat dihadapi Sekolah swasta di Provinsi Bali tak terkecuali yang ada di Badung.Anggota Komisi IV DPRD Badung, Ni Luh Gede Sri Mediastuti, Minggu (3/5) mengharapkan Pemerintah Kabupaten Badung memberikan Subsidi sekolah swasta. Mengingat siswa di sekolah swasta juga cukup berat dalam konidisi wabah virus Corona saat ini. dengan pemberian Subsidi oleh Pemkab Badung ke Sekolah Swasta diharapkan dapat meringankan beban pembayaran SPP bulanan Siswa.
Menurut Srikandi Partai Golkar asal Kelurahan Kuta ini, dalam situasi Pandemi Covid -19 saat ini, semua Sektor sangat berdampak. Begitu juga di Bidang Pendidikan, hal ini mesti juga mendapat perhatian oleh Pemerintah. “Diperlukan kebijakan dari pemeritaan  untuk sekolah swasta yang ada di Badung, karena sejumlah Siswa dari Badung tidak semuanya bersekolah di sekolah negeri yang semuanya ditanggung pemerintah. Kita harapkan pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kepemudaan, Olah raga Kabupaten Badung, bisa membuat regulasi agar bias melakukan subsidi sekolah di swasta agar para siswa disekolah swasta dapat keringanan membayar SPP mereka,”ujarnya.
Lebih lanjut legislator yang akrab disapa Luh De ini juga mengatakan, di Sekolah swasta dari laporan yang ia terima, sudah ada beberapa sekolah yang telah memberlakukan pemotongan gaji,kepada  Guru dan stafnya padahal mereka tetap bertanggung jawab dalam memonitoring Siswa belajar Via Daring. “Kami harapkan pihak sekolah tidak melakukan pemotongan gaji seperti itu  dan hal ini perlu dibijaksanai,”Paparnya.
Selain itu, dalam metode pembelajaran via daring, terdapat kendala dari jaringan Internet yang mengakibatkan banyak orang tua murid dan para guru harus merogoh kantong  untuk kebutuhan biaya kuota atau pulsa. “Kita harapkan wifi gratis yang didegungkan pemerintah melalui smart city ini bisa kembali diaktifkan agar masyarakat tidak kebigungan bahkan membeli kuota lagi dalam melakukan pembelajaran,”Pintanya politisi partai Golkar yang telah duduk dua periode di DPRD Badung
Sementara kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah raga Kabupaten Badung, Ketut Widia Astika mengatakan,  untuk bantuan ke sekolah swasta, Pemerintah sudah memberikan bantuan subsidi melalui dana APBD yang dipaki untuk dana BOS bagi siswa di sekolah swasta. “Bahkan siswa tahun lalu kelas 1 SD dan kelas 1 SMP pemerintah juga membantu seragam sekolahnya. Dan itu kita serahkan pengelolan nya ke yayasan sekolah masing-masing,”ujarnya Widia Astika. (fit)
A

Related Posts