February 27, 2024
Pariwisata

Desa Wisata Academy ke 26 Dibuka, Menjadi Semangat Baru Pasca Ditinggal Sang Ketua Dewisnu

Gianyar-kabarbalihits

Pelaksanaan Desa Wisata Academy (DEWA) oleh Desa Wisata Nusantara (Dewisnu) Foundation telah mencapai pada pelaksanaan ke-26, yang diadakan di tengah suasana berkabung atas kepergian Sang Ketua Dewisnu, Dr. Mangku Nyoman Kandia. Meskipun kehilangan sosok yang sangat berarti, acara ini tetap berlangsung dengan semangat dan komitmen tinggi.

DEWA ke 26 dibuka pada Kamis (25/1/2024), menjadi momen emosional bagi para pendiri Dewisnu Foundation. Namun, mereka menyatakan eksistensi Dewisnu dengan memberi mandat keberlanjutan Yayasan Desa Wisata Nusantara di bawah Jro Mangku Istri Tripitasih. Mandat ini merupakan wujud komitmen untuk melanjutkan gagasan luar biasa yang ditinggalkan oleh almarhum Mangku Kandia.

Pengawas Dewisnu Foundation, I Komang Widiarta, ST menegaskan semangat dan daya juang tinggi para pendiri untuk mewujudkan desa wisata di seluruh Indonesia. Meskipun kehilangan Ketua mereka, keputusan untuk meneruskan perjuangan tersebut diambil secara aklamasi, dengan penunjukan Jro Mangku Istri Tripitasih yang tak lain adalah istri Alm. Mangku Kandia sebagai penerus yang diamanahkan untuk menjalankan misi tersebut.

Jro Mangku Tripitasih menyatakan penghargaan terhadap apa yang telah digagas oleh almarhum Mangku Kandia sebagai sesuatu yang mulia dan luar biasa untuk pendidikan dan pemberdayaan, khususnya untuk masyarakat desa. Dia menekankan kesiapan untuk melanjutkan dan mengharmonikan semua keunikan demi membesarkan dan meneruskan cita-cita yang telah dicetuskan.

Salah satu ungkapan almarhum Mangku Kandia yang diingat oleh Jro Tripitasih adalah, “Jangan jadikan desa sebagai Desa Metropolitan, namun jadikan desa sebagai Desa Kosmopolitan.” Frasa ini menjadi inspirasi dalam meneruskan perjuangan memajukan desa-desa di Indonesia.

Pada Desa Wisata Academy ke-26 ini, peserta berasal dari Sulawesi Tengah, menunjukkan partisipasi yang semakin luas dari berbagai wilayah di Indonesia. Kepala Dinas PMD Kabupaten Tojo Una Una Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Alimudin muhammad, SE.,M.Si bersama para kepala desa di wilayahnya, menyatakan tujuan mereka adalah untuk memberikan kontribusi daerah melalui sektor pariwisata.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Apresiasi Penerapan Sistem Informasi Desa (The Best) Desa Gubug

Alimudin mengungkapkan, dengan tiga atau empat hari ini, dirinya akan mendampingi supaya bisa mendapatkan ilmu dari Desa Wisata Academy. Pihaknya membawa kepala desa untuk mempelajari pengalaman Bali, daerah yang memiliki potensi pariwisata yang luar biasa, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas potensi wisata di desa-desa mereka sendiri.(kbh2)

Related Posts