February 22, 2024
Sosial

Duta Besar India HE Sandeep Chakravorty Resmikan Project Self Initiative Ashram Gandhi Puri

Klungkung-kabarbalihits

Sebagai inisiator Project Self Initiative, Pengasuh Ashram Gandhi Puri, Ida Rsi Putra Manuaba, kini semakin mengukuhkan nilai-nilai Sarvodaya dari Mahatma Gandhi bagi Shantisena Ashram. Upaya ini bertujuan agar Shantisena semakin kuat dalam mengembangkan jati dirinya dan mampu mengaplikasikan keilmuannya secara formal di kampus. Untuk mendukung hal ini, para Shantisena diberikan beasiswa, yang diharapkan dapat menjadikan Ashram semakin berkembang dan aktif menguatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat sekitar.

Project Self Initiative, yang menjadi tonggak sejarah bagi Shantisena Ashram Gandhi Puri, mendapatkan tambahan kekuatan dari program VishramaPuri Retreat-Volunteer Program, TitiBanda Sanggam Bharat Indonesia, dan Vanaprastha sebagai penguat Ashram.

Tentu saja, momen bersejarah ini tidak lepas dari peran Ambassador of India to Indonesia and Timor Leste, His Excellency Mr. Sandeep Chakravorty, yang meresmikan Project Self Initiative pada tanggal 18 Januari 2024. Dalam sambutannya, Sandeep Chakravorty mengapresiasi luar biasa Ida Rsi Putra Manuaba, yang juga dikenal sebagai Agus Indra Udayana, penerima Internasional Jamnalal Bajaj Award 2011 dan Padmashri Award 2020 dari Presiden India. Ida Rsi Putra Manuaba diakui telah menjadikan Mahatma Gandhi dan nilai-nilai kehidupannya sebagai landasan di Bali dan Indonesia.

Ambassador Sandeep Chakravorty juga menyatakan kesiapannya untuk membantu dan mengembangkan Ashram Gandhi Puri, memberikan lebih banyak beasiswa, dan memperkuat kerja sama. Beliau membagikan kenangan saat berdampingan dengan para tokoh Gandhian di India, yang menjadikan Ida Rsi Putra Manuaba sebagai sahabat lama.

Dalam mendukung program ini, Duta Besar didampingi oleh Consul General, Consulate General of India, Bali, Director of Swami Vivekananda Culture Centre, His Excellency Dr. Shashank Vikram, dan GuruJi Naveen Meghwal. Mereka menyatakan kesiapannya untuk memperkuat kerjasama dan program bersama dengan Ashram Gandhi Puri Sevagram Klungkung, dengan harapan dapat saling mendukung Shantisena dan masyarakat setempat.

Direktur Ashram Gandhi Puri, I Wayan Sari Dika, MIKom, menegaskan bahwa tahun ini pihaknya akan menyiapkan Vivekananda Bhavan sebagai pusat pelatihan Life Skill training dan Entrepreneurship bagi Shantisena, sehingga mereka dapat mandiri sesuai ajaran Mahatma Gandhi – Swaraj.

Diah Puspa, tamatan S2 Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan Direktur Vivekananda Yoga Sanstha Institute, telah berhasil mengembangkan Vishrama Puri Retreat-Volunteer di Ashram. Program ini memungkinkan pertukaran antara Indonesia dan India dalam mengelola retreat dengan tradisi Bali yang kental, serta cara menjaga warisan budaya dan mempromosikan kebudayaan sebagai bagian dari gaya hidup Yogi dan Yogini dunia.

Baca Juga :  Perangi Mafia Tanah, Komisi II DPR RI Turun Ke Desa Adat Kutuh, Mesir Kutuk Oknum Klaim Lahan Duwe Pura Gunung Payung

Ida Rsi Putra Manuaba menyambut baik keinginan Duta Besar India untuk bermalam di Ashram Gandhi Puri Sevagram Klungkung pada kesempatan mendatang. “Kami berjanji untuk memperlihatkan output Shantisena yang sukses di pedesaan sebagai inspirasi bagi para tamu,” pungkas Ida Rsi. (r)

Related Posts