June 24, 2024
Pendidikan

STISIP Margarana Gelar Seminar Membangkitkan Partisipasi Politik Pemilih Pemula di Pemilu 2024 

Tabanan – kabarbalihits

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( STISIP) Margarana Tabanan menggelar seminar sehari bertajuk Membangkitkan Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilu Serentak Tahun 2024, Selasa (21/11/2023). Seminar hasil kolaborasi STISIP Margarana bersama KPU Tabanan tersebut dibuka Kadisdikpora Kabupaten Tabanan I Gusti Ngurah Darma Utama.

Ketua panitia sekaligus Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Margarana Tabanan, I Wayan Madra Suartana menyampaikan seminar sehari ini dilandasi kepedulian atau tanggungjawab STISIP Margarana Tabanan sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mengelola program studi ilmu sosial dan ilmu politik.

“Seminar ini sesungguhnya merupakan gayung bersambut. Apa yang menjadi ide dan rencana kami mendapat sambutan positif dari teman-teman Komisioner yang ada di KPU Tabanan. Dengan semangat sekali mereka untuk ikut menggetoktularkan partisipasi pemilih terutama pemilih pemula,”ucapnya.

Madra Suartana juga mengatakan semianr sehari Membangkitkan Partisipasi Politik Pemilih Pemula dalam Pemilu Serentak Tahun 2024 juga merupakan rangkaian Dies Natalis ke -42 STISIP Margarana Tabanan.

“Disamping pelaksanaan seminar sehari ini, kami di STISIP Margarana juga melakukan kegiatan jalan santai berhadiah untuk kalangan civitas akademika dan Alumni STISIP Margarana Tabanan, sebagai ajang komunikasi dan reuni,”paparnya.

Terkait peserta seminar sehari ini, dikatakan Madra Suartana berasal dari kalangan pemilih pemula yang ada ditingkat SMA dan SMK atau dikenal dengan Duta Demokrasi serta kalangan parpol peserta Pemilu maupun pihak terkait khususnya Pilpres dan Pileg 2024.

“Kami sangat  gembira karena undangan kami dipenuhi. Sebanyak 116 orang hadir dalam seminar sehari ini. Ini merupakan wujud meningkatnya partisipasi masyarakat,”bebernya.

Sebagai mantan Komisioner KPU Tabanan dua periode, Madra Suartana menjelaskan berapa pun partisipasi pemilih dalam Pemilu tidak mempengaruhi keabsahan Pemilu.

Baca Juga :  Universitas Udayana Selenggarakan Closing Ceremony The 340th Site Visit AUN-QA Programme Assessment

“Jadi berapapun tingkat partisipasi pemilih, yang penting adalah Pemilu itu tidak cacat, yakni berlangsung secara Luber dan Jurdil,”tukasnya.

Sementara Bupati Tabanan dalam sambutannya yang dibacakan Kadisdikpora Tabanan I Gusti Ngurah Darma menyatakan apresiasi langkah yang dilakukan STISIP Margarana dalam membangkitkan partisipasi politik pemilih pemula dalam pemilu serentak tahun 2024.

Pemilihan umum lanjut Ngurah Darma merupakan sarana demokrasi guna mewujudkan sistem pemerintahan yang berkedaulatan rakyat. Melalui pemilu sendi – sendi kehidupan demokrasi berjalan partisipatif , transparan dan berkeadilan tentu dengan asas Luber dan Jurdil.

“Kepada para peserta seminar kami berharap, mari ikut berpartisipasi memberikan pembelajaran politik dan mencerahkan kepada masyarakat, sehingga kedepannya Pemilu tidak hanya sukses secara pelaksanaan namun juga sukses dalam membangun kesadaran politik berkebangsaan,”harapnya.

Seminar sehari STISIP Margarana Membangkitkan Partisipasi Politik Pemilih Pemula, menghadirkan 4 orang narasumber kompeten yakni, Ketua Bawaslu Provinsi Bali, I Putu Agus Tirta Suguna, Ketua KPU Provinsi Bali, Dewa Agung Gede Lidartawan, Ketua Yayasan Kesejahreraan Korpri Provinsi Bali sekaligus Dosen FISIP Unwar Prof. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti serta Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Dr. Gusti Lanang Bagus Eratodi. Sementara tampil sebagai moderator dalam seminar ini mantan Ketua KPU Tabanan Putu Gede  Weda Subawa. Kbh6

Related Posts